Cara Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula Lengkap Panduan

#belajardasar.com – Cara BelajarBahasa Arab – Sudah sepantasnya untuk kita yang sebagian besar adalah orang muslim, kita mengerti akan maksud dan arti mengenai bahasa arab. Ya, kita setiap hari berhubungan dengan yang namanya bahasa arab. Namun kerap kali banyak orang dari sekitar kita yang tidak tahu bahkan tidak mengerti sama sekali arti dari kata arab yang disampaikan, apalagi untuk orang awam seperti saya. Belajar Bahasa Arab bagi pemula tak sedikit yang merasakan kesulitan, terutama bagi orang Indonesia yang notabenenya jarang menggunakan bahasa arab sebagai salah satu bentuk komunikasi dalam keseharian kita. Cara belajar cepat bahasa arab ini sebenarnya cukup banyak sekali metodenya tapi mungkin kita fikir bahasa arab bukan bahasa internasional dan jarang orang yang mengerti. Jadi, semakin banyak pula yang masih belum tahu bagaimana cara menulis arab yang benar apalagi mengerti artinya.

Cara Belajar Bahasa Arab

Cara Belajar Bahasa Arab (arabmykrk.com)

Namun sebagian besar dari kita umat muslim masih banyak juga yang ingin berlatih untuk memperdalami ilmunya dalam berbahasa arab. Perlu kita ketahui juga bahwa bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang banyak sekali orang yang ingin belajar bahasa Arab terutama umat muslim diberbagai penjuru dunia. Berbagai tujuan orang untuk mempelajari bahasa Arab tersebut diantaranya ada yang ingin belajar menuntut ilmu kesana, ada yang ingin menjadi TKI hingga ada yang ingin belajar agar bisa lebih mudah memahami isi dari Al- Qur’an. Apapun tujuan orang- orang untuk mempelajari bahasa Arab tersebut tentunya bisa menambah ilmu bahasa dan juga ilmu lainnya. Sehingga tidak ada kata tidak sama sekali untuk kita belajar mendalami bahasa arab yang sudah jelas merupakan salah satu bahasa yang digunakan dan dituangkan dalam al – qur’an. Untuk kamu yang ingin tahu cara belajar bahasa arab, maka kami menyediakan cara cepat belajar bahasa arab bagi pemula.

Mencari Refrensi

Langkah yang paling simple untuk kita yang baru belajar bahasa arab, yaitu dengan membeli buku bahasa arab ditoko – toko terdekat. Dengan memiliki cukup panduan kamu bisa memiliki banyak refrensi untuk bisa melatih kemampuan kamu dalam berbahasa arab. Jika kamu kesulitan untu k mencari toko buku maka kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi yaitu Bahasa Arab Pemula yang bisa kamu dapatkan secara gratis di google play store. Aplikasi ini telah dikembangkan oleh program bisa yang sudah mendapatkan share ratting sebanyak 4.6 dipertengahan tahun.

Mempelajari Abjad Arab.

Perlu kamu ketahui juga bahwa dalam menulis maupun membaca huruf bahasa arab kamu lakukan secara horizontal dari kanan ke kiri. Dalam tahapan pemula maka kamu juga harus mengenal terlebih dahulu beberapa abjad arab dengan menggunakan beberapa sumber online seperti salaamarabic.com untuk menghafal abjad bahasa Arab. Dengan adanya situs ini kamu biasanya memiliki panduan pengucapan audio yang membantu Anda untuk mempelajari pengucapan tiap kata dengan tepat. (ت adalah taa atau “t”, ب adalah baa atau “b”, dan seterusnya).

Mempelajari Beberapa Kata Dasar.

Kemudian untuk panduan latihan bahasa arab bagi pemula bisa kamu lakukan dengan mengenal beberapa kata dasar yang ada dalam bahasa arab. Ketika mempelajari bahasa baru, kamu harus membiasakan diri untuk berlatih beberapa kata dasar sehingga bisa nyaman dengan pengucapan dan mulai menemukan arti dari pengetahuan bahasa tersebut. Mungkin seperti contohnya:

هُوَ = Dia (laki-laki)
هِيَ = Dia (perempuan)
هُمْ = Mereka (laki-laki)
هُنَّ = Mereka (perempuan)
أنْتَ = Kamu (laki-laki)
أنْتِ = Kamu (perempun)
أنـَا = Saya
نَحنُ = Kita/Kami

Pelajari Struktur Kalimat Dasarnya.

Setelah kamu berhasil menemukan beberapa kata bahasa arab maka kini kamu menginjak pada cara cepat belajar bahasa arab berikutnya yaitu menyusun kalimat dalam bahasa Arab biasanya disusun dengan rangka kata kerja-subjek-objek langsung. Struktur susunan ini sangat berbeda jauh ketika kita mempelajari bahasa inggris maupun bahasa barat lainya. Perlu diketahui juga bahwa beberapa kalimat dalam bahasa Arab tidak memasukkan kata kerja sama sekali karena mereka memiliki “to be” yang artinya berdiri sendiri. Seperti contohnya: أَنَا تِلْمِيْذُ (saya seorang murid)

Mengerti Cara Bertanya

Dalam menjalin sebuah komunikasi diperlukan sekali kalimat atau kata sapaan yang membantu kamu dalam berlatih lebih serius lagi dalam mempelajari bahasa arab. Jika kamu ketahui seperti dalam bahasa indonesia maupun inggris dikenal dengan 5W+1H. Dengan sedikit menghafalkan maka anda bisa mengaplikasikanya pada orang yang mahir dalam berbahas arab.

Percakapan Langsung

Ketika kita sudah cukup mahir untuk berbicara dengan bahasa arab, maka kini waktunya untuk kamu mempraktekan nya dengan mengajak guru privat atau orang yang sudah ahli untuk mengajak bercakap – cakap. Hal ini kami maksudkan untuk agar tidak kelamaan tidak menggunakan bahasa arab dikhawatirkan cepat lupa.

Setelah kamu melihat beberapa cara belajar bahasa arab diatas maka kini saatnya untuk kamu berlatih dan mengasahnya lebih dalam lagi mengenai bahasa arab itu sendiri. Selagi kita mampu untuk mempelajarinya maka tidak langsung kamu juga memperkaya berbahasa kalian. Keuntungan saat kita bisa berbahasa arab adalah setidaknya kita sedikit tahu arti bacaan yang ada di Al-Qur’an. Hal ini lah yang memudahkan kita untuk mengerti ajaran islam lebih banyak lagi. Apalagi bagi anda yang berniat menjadi mahasiswa atau TKI yang notabenya menggunakan bahasa arab.