Cara Belajar Vokal Bernyanyi dengan Tehnik Pernafasan

#belajardasar.com – Cara Belajar Bernyanyi – Semua orang yang ada didunia ini pastinya pernah melakukan aktifitas atau menyalurkan hobi bernyanyi. Entah mereka bernyanyi fals, ataupun dengan tehnik benar yang penting mereka bisa menyalurkan hobinya untuk menghibur diri mereka sendiri. Banyak orang yang tidak mengetahui kalau sebenarnya mereka memiliki bakat bernyanyi. Terkadang mereka dikamar mandi sendiri tidak menyadari kalau mereka sedang bernyanyi. Namun jika kebiasaan ini merupakan salah stau bakat yang terpendam, kenapa kamu tidak menekuni dengan serius. Jika menekuni bidang bernyanyi maka kami disini juga akan membantu untuk menemukan cara belajar menyanyi bagi pemula secara benar. Dengan belajar vokal secara teratur, maka akan menghasilkan karakter suara yang kamu inginkan. Bernyanyi juga bukan merupakan perkara yang mudah yang semua orang memiliki suara yang merdu untuk didengar para penikmatnya.

Cara Belajar Bernyanyi

Cara Belajar Bernyanyi (buzzfeed.com)

Apalagi untuk kamu yang benar – benar ingin menjai seorang vokalis, pastinya menginginkan suara tetap prima dan fit dalam keadaan apa pun sehingga tidak akan mengecewakan para penggemar. Perlu diketahui bahwa bernyanyi memiliki banyak tehnik dasar yang harus dikuasai. Jadi sebelum kamu belajar vokal lebih baiknya kamu juga mau mempelajari cara belajar bernyanyi bagi pemula. Hal ini kami maksudkan untuk mengerti akan bernyanyi yang sesungguhnya tidak asal – asalan. Untuk memberi wadah bakat kamu ini kamu juga bisa mencari guru vokal atau mengikuti kelas vokal yang ada didaerahmu. Namun bagi kamu yang tidak memiliki cukup badget untuk berlatih nyanyi ditempat les maka anda tidak usah khawatir karena disini kami memiliki solusi untuk membantu kamu agar memiliki suara yang merdu, berikut adalah cara cepat berlatih vokal.

Berlatih Intonasi

Cara belajar bernyanyi yang pertama adalah mengenai intonasi. Intonasi adalah pembidik nada yang tepat atau menyanyikan nada dengan tepat. Untuk bisa memiliki intonasi yang baik, kita sebaiknya berlatih dengan alat music seperti piano atau keyboard supaya nada yang kita mainkan pasti dan terkontrol. Tapi hal ini dapat diakali jika kita tidak memiliki alat music tersebut. Kita bisa merekam suara piano tersebut di handphone kita dan kita dapat pelajari sewaktu-waktu. Contoh : Kita dapat memainkan tangga nada C kemudian D dan E secara berurutan di piano atau gitar. Nada yang dapat direkam mungkin adalah sebagai berikut

  • Secara Ascending : Do Mi Re Fa Mi Sol Fa La Sol Si La Do Si dan dan Descending : Do La Si Sol La Fa Sol Mi Fa Re Mi Do.

Latihan Pernafasan

Kemudian dalam bernyanyi, teori soal pernafasan itu sangat penting karena bernafas secara benar akan sangat membantu dalam membentuk suara yang kita inginkan. Cara mengatur nafas yang baik ketika bernyanyi adalah jangan menggunakan cara pernapasan di mana pada waktu menghirup udara, dada dan bahu terangkat, ini membuat leher menjadi tegang dan mengganggu produksi suara. Pada waktu bernapas daerah sekitar lingkar perut mengembang dan pada waktu membuang napas mengempis. Pada waktu menghembuskan napas untuk memproduksi suara, otot-otot di sekitar perut mengencang dan secara konstan mendorong ke dalam (mengempis) dengan berlahan-lahan dan terus-menerus sampai kalimat lagu habis. Cara belajar penyanyi dengan tehnik pernafasan yang benar juga akan melatih pita suara.

Latihan Tempo

Kemudian cara belajar bernyanyi yang lain yang tidak kalah pentingnya untuk berlatih bernyanyi adalah mengetahui akan irama, birama dan tempo. Seorang penyanyi yang baik dan profesional seharusnya belajar untuk bisa menguasai bermacam-macam irama atau jenis aliran music seperti : pop, jazz, rock, melayu dan sebagainya. Kemudian dia juga harus mengetahui birama lagu, apakah 4/4, ¾ atau 2/4, kemudian kamu juga mesti mengikuti tempo atau lambat cepatnya dalam lagu.

Artikulasi

Lalu untuk mendapatkan suara yang indah berikutnya, seorang penyanyi pemula harus berlatih memiliki lafal atau pengucapan atau artikulasi yang jelas. Hal ini sangat mesti ia lakukan karena pesan sebuah lagu disampaikan melalui syair yang dinyanyikan penyanyi tersebut. Perlu diketahui juga bahwa artikulasi berkaitan dengan bahasa yang digunakan pada lagu tersebut.

Vibrasi.

Jika ingin menjadi seorang vokalis, selama tampil harus dengan sejumlah  bawakan harus terlihat sempurna walaupun dalam keadaan nervous. Hal ini yang dijadikan tehnik vibrasi dalam bernyanyi. Bentuk suara yang bergetar dan bergelombang dalam tehnik oleh vocal, vibrasi ini merupakan tahap finishing. Fungsinya biar terdengar lebih merdu dan indah. Kalau mau tahu contoh vibrasi yaitu ketika seseorang tertawa terbahak-bahak, suara akan terdengar bergetar dan bergelombang. Kemudian dalam dunia tarik suara, bentuk dasar tersebut dikembangkan menjadi sebuah tehnik dalam bernyanyi yang disebut vibrasi. Cara belajar bernyanyi dengan tehnik vibrasi ini juga bisa menyamarkan suara yang  bergetar

Untuk mengetahui salah satu tehnik bernyanyi, kami disini telah memberikan salah satu video yang bisa dilihat berikut ini.

Memiliki suara merdu namun tidak mengetahui tehnik dasar bernyanyi. Mungkin karena ia menganggap karena suara mereka yang pas pasan pun juga laku manggung. Hal ini yang mesti ditanggulangi oleh generasi berikutnya untuk mengetahui cara belajar bernyanyi bagi pemula, yang ia bisa dapatkan dimana saja termasuk dalam artikel ini. Nah untuk kamu yang mungkin hingga saat ini masih belum tahu bagaimana cara bernyanyi yang benar, tips diatas bisa kamu lakukan sendiri maupun bersama teman kamu.