Cara Belajar dan Mengenal Bagian Harmonika

#belajardasar.com – Cara Belajar Harmonika – Sudah banyak sekali alat jenis musik modern dan klasik yang telah mampu dikolaborasikan menjadi musik yang apik dengan setiap penampilanya. Harmonika, merupakan salah satu alat musik ditiup yang saat ini mulai sudah jarang orang memainkanya. Harmonika, adalah salah satu instrumen angin yang paling serba guna yang terlepas dari ukurannya yang kecil dapat membuat nada berirama kuat. Mungkin kita bisa menemukanya hanya dalam perayaan festival musik saja. Dengan keberadaanya yang sudah mengalami pergeseran, tidak membuat para orang yang sudah mahir dalam memainkanya untuk meninggalkanya. Malah – malah ia ingin mengajak dan melestarikan alat musih tiup ini. Ya, saat memainkan harmonika mungkin akan membuat orang tersebut akan merasa jaul lebih tenang dan orang yang mendengarkanya pun akan terasa damai dengan tiupan dan jari – jarinya yang ikut dimainkan layaknya sebuah seruling. Bagi pemula maka bisa mengikuti cara cepat bermain harmonika yang akan kami sajikan dalam artikel ini.

cara belajar harmonika

cara belajar harmonika – www.acorncoffeehouse.com

Jika kita perhatikan, kebanyakan saat ini orang yang memainkan harmonika adalah kalangan yang sudah berumur. Kini mulai jarang band yang menyertakan permainan alat musik yang mungil ini dalam performnya. Namun tidak lantas alasan tersebut membuat kamu tidak ingin mengerahui cara belajar harmonika. Bisa dikatakan bahwa harmonika termasuk salah satu alat musik yang sudah tidak lagi diragukan keberadaanya. Berkembang sejak jaman dahulu keberadaan harmonika mungkin termasuk salah satu alat musik klasik dengan beradabanya yang tidak kalah canggih dengan yang lainya. Kini sudah banyak sekali para instrumen harmonika yang berhasil membius para penikmatnya. Siapa yang tidak mau seperti itu? Maka tidak perlu gengsi untuk cara belajar harmonika bagi pemula.

Meskipun banyak orang yang menganggap harmonika tampak membingungkan, namun belajar harmonika juga sama seperti mempelajari alat musik yang lain seperti gitar, drum, dan yang lainnya. Perlu kamu ketahui juga bahwa saat ini alat musik harmonika ini sebenarnya merupakan instrumen yang sangat mudah dan menyenangkan untuk dipelajari. Hanya dengan meniup dan menyedotnya saja harmonika bisa menghasilkan nada-nada yang indah. Namun jangan disepelekan pula karena pada kenyataannya bermain harmonika tidak semudah seperti yang dibayangkan, dibutuhkan latihan dan kegigihan dari pemainnya untuk memainkan alat musik mungil ini. Jika kamu saat ini adalah seorang pemula dan ingin belajar memainkan harmonika maka ingatlah bahwa kamu dapat menguasai alat ini hanya dengan upaya tulus dan banyak praktek. Berikut adalah beberapa petunjuk berguna yang akan membantu kamu untuk memulai berikut adalah ulasan terlengkapnya.

Mengenal harmonika

Sebelum kmau ingin memainkanya maka kamu perlu ketahui juga jenis harmonika yang saat sudah mulai beredar banyak dipasaran, seperti  Diatonic Harp, Chromatic Harp, C – Mayor dan masih banyak lagi jenisnya. Tidak hanya kamu mengenal jenis nya kamu juga harus mengenalnya lewat bagian – bagian yang terdapat pada harmonika.

Memiliki buku panduan

Sedangkan untuk cara berlatih harmonika berikutnya yaitu dengan memiliki refrensi atau setidaknya panduan yang akan membuatmu nyaman untuk melakukanya sekaligus berlatih. Jika ada kesulitan sewaktu – waktu kamu bisa membuka buku atau media yang lainya yang akan membantu kamu.

Cara Memegang Harmonika

Kemudain untuk cara yang ke-3 yang bisa kamu lakukan adalah dengan belajar cara memegangnya. Jika kita ketahui juga bahwa harmonika adalah instrumen buluh yang menggunakan alang-alang kuningan. Sedangkan alang-alang itu sendiri adalah apa yang memisahkan udara  kamu dengan mendorong atau menarik melalui lubang untuk membuat nada. Bagian pelat buluh yang terpasang di harmonika disebut sisir, dan biasanya terbuat dari plastik atau logam. Corong harpa dapat diintegrasikan ke dalam sisir, atau harmonika kromatik. Pelat penutup mencakup seluruh peralatan, dan dapat dibuat dari kayu, logam, atau plastik. Untuk memegang alat musik harmonika sangatlah berbeda – beda, tergantung kecocokan setiap pemainnya.

Sering mendengarkan instrumen harmonika

Dengan kamu semakin sering mendengrakan alunan musik harmonika ini maka kamu akan semakin mudah untuk lebih memainkan disetiap tiupannya. Hal ini dilakukan karena dapat melatih kepekaan terhadap bunyi suara yang dikeluarkan saat memainkan harmonika.

Bermain Harmonika

Setelah kamu menerapkan cara belajar harmonika diatas, maka kini kamu bisa mencobanya dengan cara latih bibir kalian memainkan nada – nada dasar seperti sol mi sa si nya secara rutin sampai lancar, ulangi terus sampai bisa. Dengan melatih gerakan bibir dan ketangkasan tangan maka lambat laun kamu akan bisa memainkanya.

Berlatih dengan giat

Untuk kamu yang masih dalam tahap belajar jangan sampai putus untuk terus belajar lebih baik lagi. Hal ini dilakukan untuk mrmperkaya pengetahuan kamu dalam dunia musik salah satunya dengan bermain musik harmonika. Para pemain yang sudah profesional pun masih sering belajar lagi.

Bagaimana setelah kamu mengetahui cara mudah belajar harmonika diatas? Dengan kamu yang mulai tertarik untuk memainkan alat musik klasik ini maka kamu bisa dikategorikan seseorang yang unik. Apalagi bisa mengembangkanya dengan mengkolaborasikan dengan alat musik yang lain, maka cara belajar harmonika pemula yang telah kami sajikan diatas bisa dikatakan berhasil membantu kamu. Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan untuk membantu kamu dalam mempelajari dan mengenal alat musik harmonika.