Cara Belajar Drum Bagi Pemula Beserta Cara Memukulnya

#belajardasar.com – Cara Belajar Drum – Keanekaragaman jenis alat musik kini semakin banyak saja, mulai dari yang paling tradisional hingga yang paling modern. Salah satu jenis alat musik yang tergolong lebih modern adalah drum. Ya, drum merupakan salah satu jenis alat musik yang dipukul dengan ketukan yang beragam sesuai dengan aliran musik yang telah dimainkan. Namun sebagian besar, drum ini telah melekat sebagai salah satu musik yang keras, atau bisa kita anggap cocok untuk aliran jenis musik rock maupun cadas. Sedangkan yang perlu kamu ketahui juga ada banyak jenis drum yang mesti kamu ketahui yaitu ada snare, tom-tom, bass, conga, tymbal, mondo, bedug, tabla dan yang lainya. Namun kebanyakan orang menganggap bahwa bermain drum ini lebih sulit dibanding dengan alat musik yang lain. Hal ini dikarenakan dalam bermain drum kebanyakan orang belum bisa memadukan pukulan demi pukulan agar bisa menciptakan permainan drum menjadi enak didengar dan di kolaborasikan dengan yang lainya.

Cara Belajar Drum

Cara Belajar Drum (startwish.ru)

Tidak heran kalau drum merupakan salah satu alat musik yang sangat identik dengan kalangan muda sama seperti alat musik gitar. Keduannya memberikan rasa emosional yang dapat tersalurkan secara positif. Perlu diberitahukan bahwa bermain drum merupakan sebuah seni, dan panggilan jiwa. Jadi, jika kalian merasa bahwa drum cocok dan sesuai dengan jiwa kalian, maka tak ada salahnya jika mempelajari cara belajar drum dengan baik dan benar. Membiasakan diri buat bermain drum ialah cara yang sangat dianjurkan. Bermain drum sebenarnya cukup sederhana, hanya membutuhkan ekuilibrium dan koordinasi dengan baik antara tangan, dan kaki. Saat Anda telah mulai terbiasa bermain drum , maka Anda telah memulai langkah buat menguasai cara bermain drum dengan optimal. Langsung saja berikut adalah cara belajar drum dengan cepat.

Kenali Bagian Drum

Carabermain drum yang pertama kamu harus mengenali setiap komponen atau susunan dalam drum. Dengan mengenalnya maka kamu tidak kesusahan untuk memainkanya. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas komponen yang bisa kita kenal dari drum seperti,  2 simbal, 3 tom, 1 snare, 1 bass drum, dan 1 hi hat.

Belajar Tangga Nada

Kemudian yang berikutnya adalah dengan mengerti not balok atau tangga nada. Secara sederhana akan jauh lebih memudahkan kita dalam cara belajar drum, sedangkan kalau kita tidak mengerti not balok maka akan terasa sedikit kesusahan saat kamu memainkan.

Membeli Buku Referensi

Untuk cara belajar drum untuk pemula berikutnya adalah memiliki buku refrensi agar semakin meyakinkan. Biasanya buku-buku seperti ini akan membuat Anda tak lagi kebingungan dalam memulai belajar. Dari mulai cara memegang stick hingga menggunakan drum pedal akan dijelaskan secara lebih lengkap.

Mempelajari Teknik

Setelah itu kini kamu juga harus mengenal beberapa tehnik yang mesti diketahui sebelum benar – benar memainkan drum. Langsung saja berikut adalah tehnik main drum yang bisa dilakukan, berikut adalah ulasanya.

  • Teknik Memegang Stick dan Menginjak Pedal.

Tehnik utama yang bisa diterapkan adalah cara memegang stick dan menginjak pedal. Untuk menghasilkan suara drum yang berkualitas, tentu saja anda harus memperhatikan cara memegang stick dan cara menginjak pedal yang benar pada umumnya. Karena, sedikit saja anda melakukan kesalahan dalam memegang stick dan menginjak pedal, maka akan mengakibatkan kelemahan pada permainan drum anda.

  • Teknik Memegang Stick (Sticking/Griping).

Kemudian untuk teknik yang ke-2 ini lebih spesifikasi lagi mengenai cara memegang stick drum. Perlu kamu ketahui juga dalam memegang drum terbagi dua, yaitu traditional grip dan match grip. Teknik matched grip memiiki dua buah posisi memegang stick, yaitu close hand dan open hand.

  • Teknik Menginjak Pedal.

Next atau teknik berikutnya yang lebih khusus yaitu mesti pelajari teknik menginjak pedal. Pada awalnya ada dua jenis, yaitu heel up dan heel down. Namun akhirnya kedua teknik tersebut berkembang menjadi teknik yang lebih bervariasi. Sehingga kamu bisa mencari literatur untuk mengajarkan kamu lebih banyak lagi dalam menginjak drum. Cara belajar drum yang dengan tehnik ini membutuhkan ketekunan untuk melatih bagian kaki agar lebih terbiasa.

  • Teknik Pukul.

Inti dari cara bermain drum adalah dengan teknik memukul. Dalam tehnik ini berhubugan dengan kenyamanan dan karakter suara yang dihasilkan saat bermain drum. Teknik memukul pada drumer memiliki banyak model, sebagai contoh teknik memukul untuk hit – hat dan snare dan yang lainya.

Memilih Stick Drum

Syarat yang tidak kalah penting dengan cara belajar drum otodidak adalah kecermatan dalam memilih jenis stick yang digunakan. Saat kamu membeli stick drum usahakan memilih jenis stick yang berkualitas dan sesuaikan dengan ukuran yang cocok untuk kamu, sehingga akan nyaman saat digunakan.

Belajar Lebih Giat 

Ini dia yang paling utama, dalam melakukan kegiatan apapun layaknya untuk kita melakukan nya lebih giat dan berlatih keras. Salah satunya saat kamu mengetahui cara belajar drum. Dengan keseriusan yang kamu lakukan maka seiring waktu berjalan beberapa tehnik bermain drum akan dikuasai. Nah, untuk membantu kamu dalam berlatih belajar drum, kami disini memiliki referensi bermain drum bagi pemula, berikut adalah videonya.

Dengan mengetahui cara belajar drum diatas, setidaknnya kamu bisa menguasai tehnik bermain drum. Dengan begitu mungkin ada kesempatan untuk mengasah bakat kamu lebih jauh lagi agar bisa menjadi seorang drumer yang profesional. Asalkan tidak akan cepat puas dan terus berlatih agar mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Pada dasarnya dengan anda berlatih cara bermain gitar dan juga drum ada bakat yang tersalurkan lewat musik.