Cara Belajar Yang Baik Dan Efektif Bagi Anak-Anak dan Remaja

#belajardasar.com – Cara Belajar Efektif – Pada dasarnya manusia tidak bisa terlepas dari yang namanya belajar. Entah itu belajar edukasi, kehidupan, atau lainya. Belajar sendiri merupakan salah satu cara agar kita bisa mencapai satu titik dimana kita bisa dikatakan berhasil. Untuk saat ini ada beberapa slogan  untuk menerapkan sistem belajar yang efektif. Pada dasarnya cara belajar efektif dimana seseorang mampu mengkondisi personal pembelajaranya, baik dari segi metode, penggunaan tempat, ataupun management waktu. Sebagai contohnya seseorang yang tidak memiliki kebiasaan belajar terlalu lama, tetapi ia mampu menguasai materi. Hal inilah dimana orang bisa menemukan cara belajar efektif, selain dengan metode yang mereka gunakan. Yang perlu diingat disini adalah, tidak ada orang pintar atau bodoh dalam belajar, yang ada hanyalah orang malas, dan tak tahu belajar yang baik.

Cara Belajar Efektif

Cara Belajar Efektif (illuminate.ualberta.ca)

Perlu diketahui bahwa, setiap orang memiliki tipe belajar yang menyenangkan dan efektif. Tapi tidak lantas dengan kebebasan tersebut menjadi salah paham bahwa belajar yang baik dan benar itu mesti kita terapkan. Menemukan metode dan cara belajar efektif memang perlu proses.  Tidak semua individu memiliki metode yang efektif sama persis dengan individu yang lainnya.  Diperlukan pengamatan sekaligus kemampuan analisa untuk mengetahui metode belajar yang paling pas bagi seseorang.  Namun, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengetahui kategori dalam menyerap ilmu yang sedang dipelajari secara formal. Berikut adalah cara cepat belajar efektif dan benar.

Kenali Tipe Belajar

Hal untuk menemukan cara belajar efektif dan menyenangkan adalah mengerti akan tipe belajar kamu. Dalam proses belajar atau cepat lambatnya menyerap ilmu memiliki 3 tipe yaitu, secara visual, audio, atau kinestetik. Hal ini penting untuk kamu lakukan, jika tidak maka kamu tidak akan menemukan cara belajar yang benar sesuai dengan keinginan kamu. Jika kamu kesulitan untuk mengenalinya maka kami akan membantu kamu untuk mengenalinya dengan ciri – ciri dari tipe belajar kamu.

  • Tipe Visual

Orang yang memiliki tipe visual akan lebih memahami melalui apa yang mereka lihat. Bisa mengenai warna, hubungan ruang, potret mental dan gambar menonjol dalam modalitas ini.

  • Tipe auditori

Kemudian orang dengan tipe ini akan lebih memahami sesuatu melalui apa yang mereka dengar. Modalitas ini mengakses segala jenis bunyi dan kata. Musik, irama, dialog internal dan suara menonjol pada tipe auditori.

  • Kinestetik

Untuk tipe yang terakhir adalah orang dengan tipe kinestetik belajar malalui gerak, emosi dan sentuhan. Modalitas ini mengakses pada gerakan, koordinasi, irama, tanggapan emosional, dan kenyamanan fisik.

Ada Kemauan Dalam Belajar

Setelah berhasil menemukan metode belajar, maka kini harus kamu terapkan dalam sistem belajar. Entah itu belajar saat ada ulangan, setiap malam, atau saat mood sedang baik maka kamu baru belajar atau yang lain. Jika belajar di paksakan dengan kondisi yang tidak memungkinkan,  maka bisa dianggap sia – sia saja.

Mengembangkan Materi Pelajaran.

Jika ada niat untuk belajar maka waktunya kamu untuk bisa mengembangkan materi. Bagi sebagian pelajar, hal ini masih sangat jarang dilakukan atau diterapkan. Padahal jika dilakukan dengan baik, dampaknya akan terlihat. Carilah segala pertanyaan yang belum ada dalam soal-soal latihan, dan nantinya bisa kamu tanyakan langsung kepada para bapak atau ibu guru yang mengajar pelajaran itu. Cara belajar efektif bisa dengan mengembangkan materi yang disampaikan.

Kedisiplinan.

Penerapkan kedisiplinan dalam pribadi itu sangat membantu untuk menemukan cara belajar secara efektif. Ini merupakan salah satu kunci berhasil atau tidaknya segala sesuatu. Tanpa adanya sebuah kedisiplinan, sepertinya mustahil untuk mencapai hasil yang maksimal. Aturlah belajar dan  jalankanlah apa yang sudah di rencanakan dengan kedisiplinan yang tinggi.

Mencari Banyak Referensi.

Apabila sudah bisa menyerap pembelajaran dengan baik, maka untuk mendapatkan referensi pendukung tidak sulit. Perpusatakaan sekolah, kampus dan sejumlah tempat buku sudah menyediakan referensi yang banyak. Kalau memang belum bisa menemukan referensi yang di inginkan, anda masih bisa buka  internet. Hampir segala sesuatu tersedia pada layanan Google. Gunakanlah teknologi internet ini untuk mendukung belajar yang lebih modern.

Menulis Kembali

Cara belajar efektif ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki tipe belajar secara audio. Karena, setelah merekam semua yang dijelaskan orang lain, maka bisa menangkapnya lebih cepat. Untuk pembuktianya, kamu bisa coba menulis semua yang di dengarkan mengenai materi lalu menyalinya dikertas. Secara tidak langsung mengetik atau menulis kembali pelajaran yang telah diajarkan juga bagus untuk belajar mengingat.

Belajar Sambil Bermain

Jangan salah mengartikan bermain itu tidak bisa dilakukan dengan belajar. Dengan memiliki inisiatif dan rasa penasaran yang tinggi biasanya orang yang memiliki tipe belajar kinestetik. Biasanya seseorang akan mempergunakan cara belajar sambil bermain agar benar – benar paham tentang apa yang mereka baca dan yang ditemukan.

Istirahat Sejenak

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa belajar tidak bisa dipaksakan, namun perlu pemahaman terhadap apa yang dilakukan. Jika sudah cukup lama belajar, cobalah untuk istirahat sejenak. Biarkan otak benar – benar mencerna apa yang telah dibaca dan ditulis. Apabila terus diapksa untuk membaca dengan kondisi yang lelah, maka otak tidak dapat menyerap apa yang di pahami.

Dengan menemukan cara belajar efektif di rumah sekaligus di sekolah maka kamu perlu mengaplikasikanya dalam keseharian. Hal ini lah yang paling penting untuk di lakukan. Setelah membaca artikel ini kami, setidaknya ada satu point yang bermanfaat untuk memberikan solusi dan jawaban untuk menemukan cara belajar yang efektif.