Cara Belajar Matematika Lengkap Panduan Tutorial

#belajardasar.com – Cara Belajar Matematika – Adakah mata pelajaran yang dulu sampai sekarang yang mungkin kurang kamu sukai? Ya, sebagian para siswa akan mengatakan, matematika adalah salah stau mata pelajaran yang cukup sulit untuk ditaklukan. Sebenarnya dari kecil kita sudah diajari tentang matematika mungkin kita kurang sada akan hal itu. Mulai dari hal yang paling dasar hitung – hitungan kita sudah berkenalan dengan yang namanya mata pelajaran hitung – hitungan. Misalnya saja 3+6 = 9, atau mungkin pelajaran yang mendasar lainya

Namun tidak dipungkiri juga bahwa matematika juga merupakan salah satu mata pelajaran yang cukup membuat pusing ketika dihadapkan dengan berbagai rumus dan hitung – hitungan yang ribet. Tapi hal itu mungkin karena mindset kita saja bahwa sebenarnya matematika benar benar berguna bagi kehidupan sehari hari. Para pedagang, tukang bangunan, tukang las, bahkan tukang parkir pun menggunakan matematika untuk menghitung uang yang didapatkan dari pengendara. Tapi jika kamu tetep bingung maka kali ini kami akan berbagi cara cepat belajar matematika.

Cara Belajar Matematika

Cara Belajar Matematika – wisegeek.com

Namun matematika tidak akan menjadi sesuatu mata pelajaran yang yang perlu ditakutkan lagi untuk jaman yang semakin maju. Jika kita tidak mengatasi rasa ketakutan kamu tersebut, mau sampai kapan kamu terpuruk dalam ketidak bisaan kamu dalam mengerjakan matematika? Hal ini lah pola belajar yang mesti kita harus ubah sejak dini. Tanamkan bahwa cara belajar matematika itu mudah hanya sebuah permainan angka yang menantang kita untuk membuktikan siapa yang terhebat, sebuah angka atau kamu yang berhasil menemukan jawaban.

Matematika adalah kunci dari pelajaran sains, baik itu biologi, fisika, kimia karena materi pelajaran tersebut tidak dapat dipahami tanpa mempelajari dasarnya ilmu dasar matematika. Namun yang jadi permasalahan adalah bagaimana cara belajar matematika? Sebenarnya tidak ada cara mudah dalam mempelajari pelajaran matematika yang ada adalah Cara yang benar dalam belajar matematika. Hal ini sangat dibutuhkan kesabaran serta kegigihan tinggi untuk berusaha, tapi dengan niat kuat saya yakin kita bisa menguasai matematika. Langsung saja berikut adalah trik cepat mengerjakan matematika.

Selalu Gunakan Cara yang Menyenangkan

Dengan mempelajari sesuatu yang didasarkan dengan hati yang senang pasti akan terasa mudah dan ringan. Begitupun pada soal matematika, serumit apapun soal dan rumus yang kamu temukan, jika kamu mengubah mindset bahwa matematika itu mudah, secara tidak langsung kamu akan bisa kok mengerjakan matematika tersebut.

Perbanyak Berlatih Soal

Kemudian untuk cara memecahkan soal matematika adalah dengan memperbanyak berlatih soal. Salah satu cara agar bisa memahami rumus. Memperbanyak mengerjakan latihan soal juga bisa membiasakan kita dalam mengerjakan soal. Soal yang digunakan untuk berlatih juga jangan hanya satu tipe saja, pelajari juga berbagai tipe soal. Ketika ada ulangan dan terdapat soal yang sulit namun tipe soal sama seperti tipe soal yang pernah dipelajari, kita bisa terbantu karena punya pengalaman mengerjakan soal dengan tipe seperti itu.

Memahami, Bukan hanya Menghafalkan

Perlu kita ketahui juga bahwa Matematika merupakan mata pelajaran yang tidak jauh dari yang namanya angka dan rumus. Jadi bisa berhitung dengan lancar namun lupa rumus, atau ingat rumus tapi salah menghitung bisa keliru dalam mengerjakan soal. Jadi, perlu adanya pemahaman rumus dan peningkatan kemmpuan berhitung. Jika lupa rumus saat mengerjakan, masih bisa buka buku. Oleh sebab itu, rumus bukan hanya sekedar dihafal, tapi juga perlu dipahami.

Jangan sering menggunakan kalkulator

Jangan biasakan mengguakan kalkulator ketika mengerjakan soal matematika. Memperbanyak latihan berhitung bisa berguna untuk meningkatkan kecepatan berhitung. Daripada langsung menggunakan kalkulator, lebih baik menggunakan kalkulator untuk mencocokan hasil yang telah dihitung dengan cara manual. Intinya, jangan biasakan menggunakan kalkulator agar kemampuan dan kecepatan menghitung bisa ditingkatkan.

Bertanya di Kelas

Aktif didalam kelas itu merupakan kegiatan yang positif. Maksud kami aktif bertanya saat kamu mengalami kesulitan ketika dihadapkan pada soal yang rumit dan jangan segan untuk bertanya. Guru kamu akan merasa senang dengan pertanyaan kamu, karena kamu telah berusaha untuk memahami penjelasannya. Hal inilah bisa kamu terapkan saat kamu diajar matpel matematika

Bertanya di Luar Kelas

Nah jika kamu merasa segan atau malu saat bertanya di dalam kelas, cobalah untuk bertanya di kantor guru atau di tempat lain. Jangan pernah merasa terlambat untuk bertanya. Mungkin alternatif yang lain kamu bisa meluangkan waktu mu untuk datang kerumah guru kamu asalkan sebelumnya sudah ada perjanjian yang sudah guru kamu buat. Pasti guru matematika kamu pun akan merasa senang.

Tiada kata “Aku Tak Bisa” dan “Putus Asa”

Hal ini yang tidak kalah penting untuk kamu ketahui yaitu tidak pantang menyerah. Putus Asa merupakan sebuah penyakit yang sering ditemui setiap orang ketika akan berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Ketika belajar matematika, hindarilah kata putus asa, ketika kita menemukan soal rumit,maka segera minta bantuan pada guru matematika atau teman yang sudah lebih memahami. Sebisa mungkin jauhkan diri kita dari mengucapkan “Aku Tak Bisa” karena hal tersebut hanya dapat memperburuk keadaan, ketika kamu merasa tidak bisa mengerjakan, maka katakanlah “Aku Pasti Bisa” untuk memberi motivasi pada diri kamu.

Kerjakan Selalu Tugas 

Mungkin dengan jarang kamu mengerjakan tugas merupakan kendala tersendiri untuk kamu tambah sulit mengerjakan soal matematika. Ini kelihatannya sederhana, tetapi waktu kamu sangatlah terbatas. Di sekolah
kamu tidak hanya memiliki tugas matematika, tetapi tugas yang lain pastilah cukup banyak dan mengantri untuk dikerjakan dan seterusnya. Pekerjaan rumah (PR) membantu Anda berlatih terapan dari konsep-konsep Matematika.

Setelah mengetahui cara mudah mengerjakan matematika diatas, maka kini giliran tugas kamu untuk menerapkanya atau mengaplikasikanya dalam mengerjakan dan lebih menyukai pelajaran matematika. Jika kamu merasa tidak bisa mengerjakan tugas maka kamu tidak hanya berdiam diri saja melainkan mencari tahu solusi yang terbaik agar kamu bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut. Sehingga matematika kini bukan lagi menjadi sesuatu yang sulit namun mudah untuk kita taklukan.