Cara Belajar Menjahit Bagi Pemula

#belajardasar.com – Cara Belajar Menjahit – Banyak sekali dari kalian yang telah menanyakan seputar cara belajar menjahit kepada kami. Sehingga pada kesempatan kali ini belajardasar.com mencoba akan mengulasnya secara tuntas khusus untuk kamu semuanya. Banyak yang beranggapan bahwa mempunyai ketrampilan menjahit sendiri merupakan keasikan tersendiri, memang demikian sih. Degan kita menjahit sendiri kita bisa mengeksplor kemampuan diri untuk berimajinasi dalam membuat desain baju, kaos, celana dan lain sebagainya. Namun kalian yang masih pemula tentunya harus mulai belajar menjahit dari dasar terlebih dahulu. Supaya nanti akan lebih memahami teknik-teknik yang benarnya.

Cara Belajar Menjahit

Cara Belajar Menjahit (londonschooloffashion.org)

Menjahit sendiri bisa dilakukan secara otodidak, namun alangkah lebih baiknya lagi jika kita memiliki guru atau panduan dalam proses belajar menjahit. Dengan study basic yang memiliki tujuan profesional membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk berhasil membuat pakaian anah hingga dewasa dengan begitu rapi dan bagus. Selain itu pemilihan mesin juga sangat diperlukan dalam menjahit, semakin baik mesin maka yang dihasilkan juga akan semakin bagus juga. Mesin jahit sendiri juga menawarkan berbagai pilihan yang berbeda-beda untuk jahitan, kancing, resleting dan lain sebagainya. Sementara sebagian besar dari pilihan ini dimaksut untuk menyerderhanakan jahit proyek. Tapi disarankan bagi yang masih pemula untuk menggunakan mesin yang sederhana. Maka dari itu bagi anda yang saat ini masih ingin mengetahuin cara belajar menjahit, berikut adalah ulasanya

Langkah-langkah Sebelum Menjahit

  1. Untuk memudahkan kalian menggulung benang pada palet, biasanya kan terdapat alat khusus yang terdapat pada badan mesin jahit dekat roda putar mesin jahit. Kendurkan roda penekan supaya jarumnya tidak bergerak.
  2. Benang pada kelosan dililitkan pada palet, memasukkan palet pada alat untuk menggulung benang.
  3. Alat untuk menggulung benang diketatkan, lalu injakkan digenjot sambil memperhatikan arah menggulung benang.
  4. Isi palet dengan benang dan jangan sampai terlalu penuh.
  5. Kemudian kencangkan kembali roda penekan.

Nah setelah tadi cara memasang benang pada palet maka langkah selanjutnya yang harus kalian ambil adalah memasang palet pada sekoci. Untuk caranya yakni alat yang berisi benang dimasukkan dalam sekoci, kemudian ujung benang ditarik melalui bawah per penekan benang pada sekoci.

Cara Memasang dan Mengeluarkan Sekoci

  1. Sekoci yang telah berisi palet ditarik bagian bawahnya, Kemudian pegang sekoci di antara ibu jari dan telunjuk, lalu mesukkan sekoci pada tempat sekoci sampai pas.
  2. Lalu bagaimana cara mengeluarkan sekoci dari tempatnya? nah kamu tidak perlu khawatir kami juga sudah menyiapkan ulasan untuk kamu ketahui dengan langkah. Jarum berada di atas, Klep pada palet dibuka, kemudian dipegang antara ibu jari dan telunjuk, Yang terakhir sekoci ditarik keluar dari tempatnya. Nah begitulah caranya, mudah sekali bukan untuk melepaskanya.

Cara Pasang Benang Atas

  1. Untuk langkah yang harus kamu ambil dalam memasang benang adalah dengan tarik benang tersebut dan masukkan pada penyangkut benang yang pertama
  2. Dari penyangkut pertama tersebut, benang dimasukkan pada bulatan penekan benang.
  3. Selanjutnya tarik benang keatas dan masukan pada pelat benang.
  4. Kemudian masukan ke lubang benang yang menempel pada penyangkut ketiga.
  5. Sebagai catatan sebelum dimasukkan ke lubang jarum, benang disangkutkan dulu pada kawat yang terletak pada bagian atas tempat jarum jahit. Kremudian baru kamu lakukan memasukkan benang ke lubang jarum mesin jahit.

Caramengeluarkan Benang Bawah ke Atasnya

  1. Untuk cara pertamanya adalah dengan langkah tiang untuk menaikan dan menurunkan sepatu diturunkan kebawah.
  2. Kemudian benang yang telah dimasukan kelubang jarum dipegang kuat. Injakan mesin digerakan sehingga jarum kebawah. Gerakan lagi injakan mesin hingga jarum tadi naik lagi keatas, sambil membawa benang ke bawah.

Belajar Menggenjot Mesin

  1. Langkah pertama yang harus diambil adalah sekoci dan jarum dilepas.
  2. Selanjutnya kedua kaki berada di atas pijakan kaki dalam mesin jahit.
  3. Kemudian tangan kanan memutar roda mesin ke badan secara perlahan
  4. Roda mesin berputar, kedua kaki bergerak mengikuti gerak yang semestinya.
  5. Kita mulai menggenjot injakan pelan-pelan ke depan dan ke belakang bolak balik dan tangan pada roda dilepaskan.
  6. Kamu harus lakukukan berulang-ulang, sehingga mendapatkan putaran roda mesin teratur dan tidak bolak-balik.

Belajar menjahit

Setelah kamu rasa dalam belajar langkah yang pertama sudah memiliki irama atau aturan yang baik. Serta tangan dan kaki sudah lemas dan enak untuk untuk melakukan jahitan.

  1. Pasang jarum pada kaki pemegang jarum
  2. Tanpa menggunakan benang, mulai belajar menjahit di kertas. Mula-mula menjahit lurus, kemudian belajar menjahit belok dan menyudut. Belajarlah hingga kamu merasa sudah lancar untuk ketahap berikutnya.
  3. Untuk belajar menjahit dasar selanjutanya adalah pasang benang pada jarum dan pasang sekoci berisi palet pada wadah sekoci.
  4. Mulailah untuk belajar menjahit potong-potongan kain. Dengan proses jahit lurus kemudian belok-belok dan menyudut.
  5. Setelah kalian belajar dan dapat mengoperasikan mesin jahit dengan baik, kamu dapat belajar menjahit kain-kain kecil seperti lap, kantong tempat koran, dan lain sebagainya, tentunya jangan yang rumit-rumit dahulu.

Memang sedikit ribet dan akan banyak sekali waktu yang dihabiskan dalam peroses mempelajari nya. Namun jika menjahit dijadikan sebuah hobi atau bisnis pastinya akan menyenagkan sekali. Dan dari dasar siapa jika nantinya bisa menjadi desainer terkenal. Jadi kita harus sungguh-sungguh dan semangan dalam belajar menjahit dasar hingga tinggkat akhir untuk mendapatkan ilmu yang banyak dalam berbagai model jahitan, entah itu kaos, baju, celana dan lain sebagainya.