Cara Belajar Merajut Untuk Pemula Serta Panduan

belajardasar.com – Cara Belajar Merajut – Salah satu seni yang menggabungkan ke kreatifitasan dan kelihaian tangan ini sangat menarik sekali untuk dicoba, apalagi buat kalian yang saat ini bingung ingin menjalankan usaha apa. Nah kami disini mencoba untuk memberikan informasi seputar panduan cara belajar merajut untuk pemula. Sebelumnya sendiri, mungkin kebanyakan dari kalian akan yang belum pernah bersentuhan kedalam dunia seni rajut ini akan menganggap sulit dan khawatirtidak jadi. Karena asalakan jika kalian sudah menguasai teknik dasarnya akan dengan mudah membuat variasi rajutan dengan aneka motif tak perlu menghabiskan waktu lama. Sebagai awal dalam proses kamu mengenal merajut, maka kamu harus mengenal teknik-teknik merajut yakni : crochet stitch dan knitting.

Cara Belajar Merajut

Cara Belajar Merajut – interunet.com

Mungkin masyarakat modern saat ini sudah mulai meninggalkan aktifitas merajut. Hal ini dikarenakan waktu untuk proses merajut cukup lama. Selain itu dibutuhkan keuletan dan kegigihan dalam mengikuti setiap proses cara belajar merajut. Akan tetapi tidak sedikit pula yang sampai saat ini masih mempertahankan kebiasaan unik ini ditengah-tengah perkembangan masyarakat maju. Biasanya ada sejumlah kerajinan yang mampu dihasilkan dari tangan-tangan kreatif ini. Beberapa diantaranya adalah pakaian, taplak meja, selimut, kaos kaki, aksesoris kepala dan yang lainnya. Jika dibandingkan dengan kamu yang ingin saat ini sedang melakoni belajar menjahit akan terasa berbeda ketika anda akan merajut. Maka dari itu bagi anda yang saat ini masih bingung dengan cara belajar merajut, berikut adalah ulasan terlengkapnya.

Teknik-Teknik Belajar Merajut

  1. Crochet stitch merupakan teknik rajut dengan satu jarum/hakpen. Teknik ini biasa juga disebut dengan merenda. Jarum crochet stitch memiliki kait di ujungnya untuk menarik benang. Selain itu juga ada beberapa jenis tusuk dasar dalamteknik ini adalah seperti chain, single, double, triple crochet dan sebagainya. Dari tusuk dasar ini, maka kamu dapat dikembangkan menjadi beragam pola untuk membuat aneka barang. Untuk yang pertama ini sangat cocok sekali buat kamu yang masih dalam tahap belajar merajut dasar.
  2. Knitting merupakan teknik dengan menggunakan dua jarum. Jarum rajut yang digunakan salah satu ujungnya meruncing, sementara ujung lainnya memiliki pembatas agar benang tidak lari. Knit sendiri akan menghasilkan seni berupa tampilan seperti rantai vertikal dan juga horizontal. serta dapat dikembangkan untuk menjadi berbagai macam pola turunan yang tergantung dari berbagaai alat yang digunakan.

Persiapan Peralatan-peralatan Merajut

  1. Hook/Hakpen -> memiliki ukuran yang berbeda-beda, penggunanya sendiri disesuaikan dengan ukuran benang. Karena jika happen jika terlalu kecil, hasil rajutanya akan terlalu rapat dan kaku. Begitu juga jika terlalu besar maka rajutanya akan terlihat sangat longgar.
  2. Benang -> Ukuran benang sangat menyesuaikan hakpen, benangnya sendiri bermacam-macam dan kamu bisa memilihnya semisal kinlon, wol kenari, rajut nilon, katun dan lain sebaginya yang dibedakan dengan harga masing-masingnya.
  3. Jarum jahit -> Ini sebenernya sebagai alat bantu akhir saja, guankan jarum jahit yang berlubang besar saja, yang berfungsi untuk penyelesai an produk.
  4. Meteran -> memiliki fungsi sebagai pengukur pola saja
  5. Penanda -> memiliki fungsi sebagai penanda saat kita memulai rajutan, ini sangat berguna sekali buat kita menandai sebagai awal dari hitungan tusuk dalam rajut. Tentang peralatanya sendiri sangat bermacam-macam yang dapat kamu dapatkan di toko bahan rajut.
  6. Gunting -> digunakan untuk menggunting benang

Istilah-istilah crochet:

  1. Lp = Loop = lingkaran benang pada hakpen
  2. Turn = Balik
  3. Sp = space = spasi
  4. St = stitch
  5. Crochet Marker = penanda tusukan
  6. MC = main color (digunakan jika pola menggunakan lebih dari 1 warna)
  7. WS = wrong side = tampak belakang
  8. RS = right side = tampak depan
  9. Magic Ring

Macam-macam Tusuk Rajut

  • Rantai atau chain
  1. Untuk yang pertama buat kamu yang mau belajar merajut dasar adalah dengan membuat rantai. Ada berbagai macam cara membuat lingkaran di awal rajutan crochet, kali kamu harus buat lingkaran tanpa membuat tusuk rantai.
  2. Setelah alat sudah kalian siapkan silahkan mempraktekinya dengan memasukan jarum ke dalam lingkaran untuk mengambil buntut benang, lalu tarik benang ke dalam lingkaran.
  3. Kemudian silahkan untuk ambil benang dari gulungan dan taruh buntut benang ke sebelah kiri. tergantung pola yang ingin dikerjakan, di contoh akan membuat 5 sc ke dalam lingkaran (buntut benang ikut di dalam lingkaran). Lalu, tarik buntut benang sehingga lingkaran samapai tertutup.
  • Tusuk Tunggal (sc)

Contohnya saja,kalian bisa membuat syal hanya dengan menggunakan single crochet ini. Pertama yang harus kalian ambil adalah dengan buat tusuk tunggal sepanjang lebar syal yang diinginkan, lalu buat baris baris single crochet sampai sepanjang syal yang di inginkan.

  1. Sebagai latihan kamu dapat dengan membuat 21 tusuk rantai.
  2. Lalu masukkan hakken di rantai kedua dari ujung, karena rantai nomor satu dihitung sebagai tusuk tunggal pertama.
  3. Kemudian ambil benang sehingga terbentuk 2 lingkaran.
  4. Ambil benang dan masukkan ke kedua lingkarang tersebut. Lanjutkan pada chain2 selanjutnya sampai ujung.
  • Setengah Tusuk Ganda (hdc)
  1. Langkah pertama yang harus kalian ambil dalam setengah tusuk ganda adalah dengan kaitkan benang pada jarum, mulai tusukan pada ch 3
  2. Tarik jarum sehingga terdapat 3 lp.
  3. Setelah langkah kedua sudah selesai maka kaitkan benang pada jarum, lalu tarik langsung melalui 3 lp.
  4. Kemudian mulai tusukan baru lagi sampai selesai.
  • Tusuk Ganda (dc)

Untuk cara membuat tusuk ganda ini silahkan untuk kamu simak ulasanya berikut ini :

  1. Langkah awal yang harus kamu ambil adalah dengan membuat tusuk rantai sebagai dasar
  2. kemudian buat kaitkan benang pada jarum
  3. selanjutnya adalah dengan memasukkan jarum pada rantai ketiga terhitung mundur dari jarum
  4. Langkah yang keempat adalah dengan mengkaitkan lagi benang pada jarum
  5. Tarik benang melewati lubang rantia
  6. Nah lakukan lah seperti apa yang ada didalam gambar, sehingga kamu akan dengan mudah untuk melakukanya.
  • Triple (tr)

Nah untuk teknik ini mirip sekali dengan tusuk ganda. Pada dasarnya tusuk ganda, benang dikaitkan hanya dengan 1 kali di jarum, namun pada tusuk triple, benang dikaitkan sebanyak 2 kali. Nah berikut ini adalah cara dan langkahnya :

  1. Seperti hal-hal yang sudah dijelaskan diatas tadi, langkahnya pun sama yakni kamu hanya tinggal buat tusuk rantai sebagai dasar
  2. Kemudian kamu kaitkan benang 2 kali, tusukkan pada rantai keempat
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan mengkaitkan lagi pada benang sebanyak 1 kali, lalu keluarkan dari tusukan rantai
  4. Kemudian kalian kaitkan ke benang lagi, lalu keluarkan benang melali 2 lubang di jarum (ulangi sebanyak dua kali)
  5. Kaitkan lagi benang, lalu keluarkan benang dari 2 lubang jarum. Jika akan pindah ke baris kedua, maka silahkan untuk awali dengan membuat tusuk rantai 4 kali.
  • Tusuk Sisip (sl st)

Untuk yang terakhir ini adalah tusuk sisip,nah disini biasanya dipakai untuk menyambung dan membuat tusukan baru di tempat lain, nah untuk caranya sendiri kamu bisa menyimaknya berikut ini :

  1. Langkah pertama yang harus diambil masih sama dengan yang lainya yakni hanya tinggal Masukkan jarum pada tusukan
  2. Berikutnya adalah dengan mengkaitkan jarum pada benang
  3. Tarik benang melewati lubang dan rantai pada jarum, nah jika kesulitan kalian bisa melihat gambarnya untuk menirukan.

Demikian itu tadi beberapa teknik dan sedikit contoh dalam cara belajar merajut bagi pemula, dengan adanya tulisan ini kamu bisa akan dengan medah dalam belajar merajut tingkat lanjutnya. Sehingga bisa menghasilkanberbagai kreasi sendi yang sangat indah dan menarik sekali untuk dijadikan sebagai bisnis rumahan.