Cara Cepat Belajar Motor

#belajardasar.com – Cara Belajar Motor – Ada pertanyaan dari teman kami mengenai cara belajar motor dengan cepat itu bagaimana? adanya pertanyaan tersebut terus mencoba membuat kami berfikir dan mencoba untuk memecahkan masalah tersebut. Buat kamu juga yang saat ini masih belum bisa mengendarai motor, maka tips berikut ini kiranya perlu untuk kalian baca juga. Hal ini mengingat sepeda motor merupakan kendaraan yang serba guna, seperti halnya untuk membawa kamu kemanapun dengan cepat dan murah. Kalau mempunyai motor, hanya dengan mengisi 3-4 liter bensin, dapat berlarian kencang hingga mencapai puluhan kilometer. Motor sendiri merupakan kendaraan yang efisien dan praktis. Kalau kita menggunakan motor pasti dapat menlewati jalan yang sempit sehingga terhindar dari kemacetan.

Jaman sekarang ini kita dengan mudah bisa memiliki sepeda motor hanya dengan mengeluarkan dp kecil, kita sudah mampu membawa pulang motor baru. Sehingga tidak heran bahwa jumlahnya sendiri di indonesia sudah meningkat dengan tajam, tak heran jika disudut-sudut kota dan desa banyak yang menggunakan motor. Apalagi buat kalian yang menyukai hobi traveling ke daerah pegunungan, tentunya akan mudah jika menggunakan motor untuk menuju tempat wisata tersebut. Maka dengan demikian kita akan dituntut untuk lebih terambil dalam cara belajar motor. Apalagi anak muda jaman sekarang ini, yang gemar untuk memodifikasinya, dengan tujuan untuk berbeda dengan yang lainya.

Cara Belajar Motor

Cara Belajar Motor (blog.leatherup.com)

Ternyata untuk bisa terampil dalam mengendarai sepeda motor harus belajar dan berlatih sebelumnya, karena tidak semua orang mampu dan bisa langsung mengendarai motor. Namun kebanyakan dari orang juga beranggapan dan males untuk berlatih karena dianggap sulit untuk dilakukan, bahkan juga pernah mengalami jatuh dengan luka kecil maupun hingga poatah tulang sehingga mereka mengalami trauma untuk mengendarainya. Perlu cukup waktu yang lama jika ingin menghilangkan rasa trauma tersebut. Namun kami mencoba akan memberikan sedikit tips nya untuk bisa cara belajar motor dengan cepat dalam 1 hari berikut ini.

Belajarlah di Tempat Yang Aman

Maksutnya disini adalah belajarlah ditempat yang aman dari benturan benda keras atau orang, sehingga carilah tempat yang relative sepi dari keadatan kendaraan lalu lintas, maupun orang, semisal di lapangan. Namun jika terpaksa belajar ditempat agak ramai, maka usahakan tetap tenang dalam mengendarai sepeda motor. Sehingga tidak akan adanya terjadi saling senggol dengan kendaraan disamping kiri maupun kanan. Umumnya orang lain akan maklum jika bertemu dengan pengendara yang masih dalam tahapan cara belajar sepeda motor.

Didampingi Orang Yang Sudah Bisa

Salah satu langkah yang paling aman selanjutnya adalah adanya yang mendampingi dari orang sudah berpengalaman untuk membantu memberikan arahan atau petunjuk secara langsung. Bahkan alangkah lebih baiknya jika yang berpengalaman tersebut dibonceng dibelakangnya, sehingga dapat memberikan keseimbangan sekaligus mampu memberikan rasa cara belajar sepeda motor tersebut terasa aman dan termotivasi. Hal ini agar anda juga tidak terjatuh

Lakukan di Tempat Luas

Dalam belajar mengandarai motor alangkah lebih baiknya jika dilakukanya ditempat yang luas, semisal saja dilapangan bola, resiko terjadinya kesalahan akan mudah diperhatikan. Kita bisa melihat apakah sudah memiliki keseimbangan apa belum dalam mengendarai dan sudah dapat mengatur gas dengan baik apa tidak.

Setelah kalian sudah melihat beberapa tips yang sudah kami berikan diatas tadi maka kamu harus juga memperhatikan tahapan-tahapan dalam cara belajar  motor itu seperti apa. Berikut bisa lihat beberapa tahapan yang akan kami berikan dibawah ini.

Cara Belajar Motor Yang Efektif

  1. Yang pertama harus kalian ambil adalah cara memegang sepeda motor jangan terlalu kaku, usahakan jika waktu menaiki mesin kendaraan dalam posisi mati, hal ini bertujuan untuk tidak salah dalam menancap gasnya.
  2. Jika kamu rasa motor yang kamu kendarai sudah seimbang, coba starter dan masuk gigi atau perseneleng 1, jika motor anda jenis matic tinggal putar gas pelan-pelan saja.
  3. Setelah itu atur laju kecepatan 5-10 km/jam. Cari jalan yang lurus dan datar Jika jalan lurus sudah bisa dan lancar coba sekali-kali belok kiri atau kanan.
  4. Untuk belajar belok bisa dilapangan sepak bola karena dirasa cukup luas ataupun dijalan yang ada perempatan nya.
  5. Tahap selanjutnya mulailah untuk belajar ganti gigi dari gigi 1 ke 2 dan ke 1 lagi, itupun kalau motor kalian dalam transisi manual. Namun jika motor kamu jenis matic hanya pengaturan gas saja.
  6. Kalaupun kalian rasa sudah mulai mahir dan seimbang silahkan untuk mulai mengatur dan meningkatkan kecepatan motor dengan kecepatan di atas 20 km/jam dengan urutan yang sama dengan yang diatas, yaitu berjalan lurus dan kemudian belajar untuk belok kanan atau kiri.
  7. Kalau kalian rasa sudah mulai mahir dan bisa mengendalikan motor, mulai saat ini belajar lah mengendarai sepeda motor di tempat keramaian. Misalnya saja ditempat-tempat kendaraan umum, dimana banyak kendaraan yang lewat.
  8. Jika mengendarai ditempat umum usahakan untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan memakai helm. Kemudian jangan lupa untuk mengikuti proses mendapatkan SIM C (Surat Izin mengemudi) di kantor polisi.

Demikian tadi informasi singkat cara belajar motor, dengan begitu kamu sudah tidak takut lagi jika berpergian tidak ada yang antar ataupun repot-repot mencari ojek. Ataupun jika kalian pengguna kendaraan roda empat maka mencobalah untuk mengendarai motor, sehingga tidak mengalami ketakutan jika harus terlambat dari jam kerja kantor.