Cara Belajar Sholat Secara Lengkap

#belajardasar.com – Cara Belajar Sholat – Beribadah merupakan salah satu yang telah dianjurkan semua agama yang ada di dunia sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada sang tuhanya. Salah satu agama yang memiliki lima waktu dalam sehari adalah agama islam. Agama islam memiliki tata cara beribadah sendiri sesuai yang telah diajarkan oleh nabinya Muhammad SAW. Perlu kita ketahui bahwa shalat merupakan salah satu rukun Islam dalam ajaran Islam dan setiap muslim diseluruh dunia diwajibkan untuk menunaikan atau mengerjakan shalat karena shalat merupakan kewajiban. Adapun shalat sendiri terdiri 5 Waktu shalat wajib yang antara lain Shalat Maghrib, Shalat Isya, Shalat Subuh, Shalat Dhuhur dan Shalat Asyar. Dari ke-5 sholat tersebut mempunyai beberapa manfaat dan keutamaan bagi para muslim seperti yang telah di janjikan oleh Alloh Swt. Namun mempelajari setiap gerakan sholat itu pun tidak sembarangan ada tata cara sholat yang benar sesuai dengan tuntunanya.

Cara Belajar Sholat

Cara Belajar Sholat (catatan-muhar.blogspot.com)

Sudah sepantas dan selayaknya bagi kita yang menjalankan syariat ini dengan benar. Apalagi pada anak – anak usia dini yang harus benar – benar menanamkan nilai islam dan berlatih cara belajar gerakan sholat dan bacaan sholat. Hal ini merupakan salah satu modal utama yang mesti kita ketahui terlebih dahulu ketika mau menjalankan ibadah sholat. Sehingga mereka tidak akan lalai untuk tetap menjalankan ibadah wajib yang mesti kita jalankan sebagai orang islam. Pentingnya menjalankan salat telah diperjelas dengan firman Alloh ”  “……Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS.An Nisa: 103). Untuk itu bagi para orang tua yang memiliki seorang anak, mari kita mengajarkan kepada mereka tuntunan sholat yang baik dan benar, dimana pun tempatnya asal bisa mnedapatkan ilmunya tersebut. Berikut adalah cara belajar sholat yang mesti anda ketahui sebagai orang islam.

Sebelum kamu benar-benar mengerti dan tahu tentang gerakan sholat beserta bacaanya, berikut anda juga mesti tahu dulu apa saja rukun wajib yang harus kamu jalankan ketika kamu akan melaksanakan sholat fardhu, berikut adalah rukun sholat.

  1. Berdiri bagi yang mampu.
  2. Takbiratul ihram.
  3. Membaca surat Al Fatihah pada tiap rakaat.
  4. Rukuk dan tuma’ninah.
  5. Iktidal setelah rukuk dan tuma’ninah.
  6. Sujud dua kali dengan tuma’ninah.
  7. Duduk antara dua sujud dengan tuma’ninah.
  8. Duduk dan membaca tasyahud akhir.
  9. Membaca salawat nabi pada tasyahud akhir.
  10. Membaca salam yang pertama.
  11. Tertib melakukan rukun secara berurutan.

Rukun sholat yang telah kami berikan diatas memang sangat perlu dan wajib kamu taati agar ibadah kamu diterima oleh Alloh (inshaalloh). Setelah kamu menegerti mengenai rukun sholat diatas maka kini kamu bisa mempelajari dan mempraktekanya langsung beserta bacaan dalam setiap gerakan yang anda lakukan, berikut tata cara gerakan salat dan bacaanya, yang bisa kamu simak dibawah ini.

  1. Untuk tahapan yang awal adalah berdirilah dengan posisi tegak sambil mengadap Kiblat. Berniatlah untuk melaksanakan shalat , sesuai dengan shalat yang akan anda kerjakan (shalat Zhuhur, Ashar, Maghrib, Isya` atau Shubuh). Berikut adalah niat nya:
    اُصَلّى فَرْضَ …. رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى                                                               USHOLLII FARDHOD…… ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA’MUUMAN LILLAAHI TA’AALA.Perlu kamu ketahui yang berisikan titik – titik diatas kamuisikan sesuai dengan waktu kamu sholat. Lalu bacalah takbiratul ihram (Allahu Akbar) dan bersamaan dengan itu angkatlah kedua tangan.

    Belajar Sholat

    takbiratul ihram (www.kabarmuslimah.com)

  2. Kemudian untuk cara berikutnya atau setelah takbir maka kamu membaca Doa Iftitah (rakaat pertama) yang bisa kamu ikuti bacaanya dibawah ini.
    “Allahu Akbar kabira walhamdu lillahi kathira wasubhanallahhi bukratau waasila. Wajjahtu wajhia lillazi fataras sama wati wal ardha hanifam muslimaw wama ana minal musyrikin. Inna solati wanusuki wamahyaya wammamati lillahi rabbil’alamin. La syarikalahu wabiza lika umirtu wa ana minal muslimin”
  3. Jika sudah selesai maka sambunglah dengan membaca surat al-fatikhah dengan dilanjutkan membaca surat pendek yang kamu bisa, mungkin al iklas, an-nass dan sebagainya.
  4. Cara berikutnya adalah jika telah selesai membaca surat, kedua tangan diangkat sambil membaca “Allahuu Akbar” lalu ruku’lah (punggung dan dan kepala sama rata) dan baca:
    (Subha robbiyal ‘azhimi wa bihamdih) diulang sebanyak 3x.

    Gerakan Ruku' Sholat

    Ruku’ (shahaz.weebly.com)

  5. Kemudian, anda bisa berdiri lagi ketika selesai membaca bacaan ruku’, dengan mengangkat kedua tangan setinggi telinga sambil membaca:
    (Sami’allohu liman hamidah) lalu kamu lanjutkan dengan membaca bacaan i’tidal ” Rabbanaa lakal hamdu mil’us samaawati wa mil ‘ulardhi wa mill ‘umasyi’ta min syai’in ba’du”
  6. Jika setelah membaca do’a i’tidal maka anda bisa sujud (sambil membaca “Allahuu Akbar”) dan kemudian dilanjut membaca:
    (Subhana rabbiyal a’la wa bihamdih) diulang sebanyak 3x

    Gerakan Sujud Sholat

    Sujud ( dpprompin.forumotion.com)

  7. Lalu jika dirasa sudah selesai maka anda duduklah di antara dua sujud seraya membaca (“Allahuu Akbar” ) di lanjutkan membaca :
    ” allaahummaghfirlii warhamnii wajburnii warzuqnii warfa’nii “
  8. Lalu sujudlah kembali seraya membaca (“Allahuu Akbar” ) dan membaca bacaan sujud.                                           (Subhāna rabbiyal a’lā wa bihamdih) sebanyak 3x
  9.  Jika sudah usai maka kini duduklah sejenak setelah bangun dari sujud dan berdiri untuk melanjutkan rakaat berikutnya. Dalam posisi berdiri itu, bacalah surah Al-Fātihah dan satu surah dari surah-surah Al-Quran. Selanjutnya sama dengan yang di atas. Setelah sujud kedua pada rakaat kedua maka duduk tahiyat awal.
  10. Lalu jika kamu telah usai, maka kini kamu bisa duduk tahiyat awal ini (rakaat kedua) kaki kiri dimasukan kebawah kaki kanan sambil membaca(Asyhadu an la ilaha illallohu wahdahu la syarika lah, Wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, Allohumma shalli ‘ala Muhammadin wa Āli Muhammad).
  11. Selanjutnya jika rakaat dalam shalat telah usai maka kamu duduk pada tahiyat akhir ini (rakaat terakhir) sama pada tahiyat awal sedangkan jari telunjuk tetap diisyaratkan dan terdapat tambahan shalawat nabi Muhammad, sebagai berikut.”allaahumma shalli ‘ala muhammad wa ‘alaa aali muhammad kamaa shallaita ‘alaa aali ibrahiim, innaka hamiidum majiid. allaahumma baarik ‘alaa muhammad wa ‘alaa aali muhammad kamaa barakta ‘alaa aali ibrahiim, innaka hamiidum majiid.”

    Gerakan Mengucapkan Salam Sholat

    Mengucap Salam (kesehatanmulho.blogspot.com)

  12. Kemudian lanjutkan untuk mengucap salam tubuh tetap dalam keadaan duduk tahiyat akhir lalu memalingkan muka ke kanan dan kiri sambil mengucap. “As Salamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh,  As Salamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh”

Cukup gampang bukan untuk melaksanakan setiap gerakan sholat diatas? Setelah kamu mengetahui cara belajar salat, maka kini anda wajib untuk melaksanakanya. Jika kamu telah pandai melaksanakan sholat fardhu, maka kamu bisa memfariasikan sholat kamu dengan melakukan sholat sunnah seperti sholat dhuha, tahajjud dan lain sebagainya. Panduan sholat bagi pemula diatas tidak selengkap seperti yang terdapatt pada buku tuntunan sholat secara lengkap namun setidaknya kami dapat memberikan informasi yang anda butuhkan dalam memenuhi kewajiban anda.