Cara Belajar Tajwid Bagi Pemula dengan Baik dan Benar

#belajardasar.com – Cara Belajar Tajwid – Setiap orang yang hidup di dunia ini pasti memiliki panduan atau pegangan untuk mengetahui mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak dianjurkan. Hal tersebut juga berlaku bagi setiap mukmin mempunyai kewajiban dan tanggung jawab terhadap kitab sucinya. Diantara kewajiban dan tanggung jawab itu adalah mempelajari dan mengamalkannya. Ya kitab suci al-qur’an yang merupakan salah satu kitab yang dimiliki oleh agama islam. Perlu kita ketahui bahwa umat Islam percaya bahwa Al-Qur’an merupakan puncak dan penutup wahyu Allah yang diperuntukkan bagi manusia dan bagian dari rukun iman yang disampaikan kepada Nabi Muhammad. Dengan keistimewaan yang dimiliki oleh al-qur’an ini sudah sepantasnya untuk kita tahu cara belajar membaca al-quran dengan baik dan benar. Hal itu tidak terlepas dari ilmu tajwid yang mesti kita pahami dan dimengerti.

Cara Belajar Tajwid

Cara Belajar Tajwid (myquran.or.id)

Cara belajar tajwid itu tidak mudah seperti yang kita bayangkan. Banyak sekali aturan yang mesti kita pahami dan mengerti cara pengucapan tajwid secara benar. Tajwid itu sendiri merupakan suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan huruf-huruf yang terdapat dalam kitab suci al-Quran. Apalagi kita sebagia orang awam yang mungkin masih belum mengetahui cara belajar tajwid bagi pemula yang sudah sepantasnya kita ketahui. Hal tersebut mungkin terjadi pada orang yang saat ini rajin mengaji, namun alangkah lebih baiknya untuk membacanya sebagai mana mestinya sesuai dengan aturan – aturan yang diberikan dalam membaca al – qur’an. Berikut langsung saja beberapa tajwid yang mesti diketahui dan kamu amalkan dalam mengaji.

Hukum nun mati dan tanwin

Perlu kita ketahui bahwa hukum nun mati dan tanwin adalah salah satu tajwid yang terdapat dalam Al-Qur’an jika nun mati atau tanwin bertemu huruf-huruf tertentu. Hukum ini masih dipecah mnejadi 3 jenis, yaitu:

1. Izhar Halqi
Untuk mengetahui cara belajar makhraj bisa diketahui adalah dengan izhar halqi. Apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf halqi yaitu (ح,خ,ع,غ,أ,ھ) maka cara membacanya harus dengan jelas di kerongkongan, terang tidak diperbolehkan untuk didengungkan.

2. Idgham
Perlu kita ketahui hukum bacaan Idgham sendiri ternyata masih terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Idgham Bighunnah
    Untuk mengetahui cara membaca idgham bighunnah adalah jika nun mati atau tanwin bertemu huruf : mim (م), nun (ن) wau (و), dan ya’ (ي), maka ia harus dibaca dengan dengung. Contoh: فِيْ عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍ harus dibaca Fī ʿamadim mumaddadah.
  • Idgham Bilaghunnah                                                                                                                                                         Kapan kamu menggunakan Hukum bacaan Idgham bilaghunah dapat diucapkan ketika ada nun mati atau tanwin bertemu huruf-huruf seperti ra’ (ر) dan lam (ل), maka ia harus dibaca tanpa dengung. Contoh: مَنْ لَمْ harus dibaca Mal lam.

3. Ikhfa’ haqiqi
Cara membaca tajwid Ikhfa’ haqiqi adalah jika nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf-huruf seperti ta (ت), tsa (ث), jim (ج), dal (د), dzal (ذ), zai (ز), sin (س), syin (ش), shad (ص), dhad (ض), tha (ط), zha (ظ), fa (ﻑ), qof (ق), dan kaf (ك), maka ia harus dibaca samar-samar (antara Izhar dan Idgham) Contoh: نَقْعًا فَوَسَطْنَ

Hukum mim mati

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa hukum mim mati adalah salah satu tajwid yang terdapat dalam Al-Qur’an jika mim mati bertemu huruf-huruf yang telah ditentukan. Hukum ini ternyata masih dipecah menjadi 3 bagian juga.

  • Ikhfa’ Syafawi
    Untuk mengetahui cara belajar tajwid Ikhfa’ Syafawi adalah jika mim mati (مْ) bertemu dengan ba (ب), maka cara membacanya harus dibunyikan samar-samar di bibir dan didengungkan. Contoh: (فَاحْكُم بَيْنَهُم) (تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ) (وَكَلْبُهُم بَاسِطٌ)
  • Idgham Mimi
    Hukum bacaan Idgham Mimi bisa dilafadzkan apabila mim sukun(مْ) bertemu dengan mim (م), maka cara membacanya adalah seperti menyuarakan mim rangkap atau ditasyidkan dan wajib dibaca dengung. Idgham mimi bisa juga disebut idgham mislain atau mutamasilain. Contoh: (أَم مَنْ) (كَمْ مِن فِئَةٍ
  • Idzhar Syafawi
    Lalu, kita diperbolehkan membaca hukum ini bila mim mati (مْ) bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah selain huruf mim (مْ) dan ba (ب), maka cara membacanya dengan jelas di bibir dan mulut tertutup. Contoh: (لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ) (تَمْسُونَ)

Hukum alif lam ma’rifah

Untuk mengetahui bahwa alif lam ma’rifah adalah dua huruf yang ditambah pada pangkal/awal dari kata yang bermakna nama atau isim . Hukum ini ternyata masih dibedakan dua jenis yang bisa kamu lihat dibawah ini.

  1. Hukum alif lam ma’arifah adalah Alif lam qamariah yang merupakan lam yang diikuti oleh 14 huruf hijaiah, seperti: alif(ء), ba’ (ب), jim (ج), ha’ (ح), kha’ (خ), ngain (ع), ghain (غ), fa’ (ف), qaf (ق), kaf (ك), mim (م), wau (و), ha’ (ﮬ) dan ya’ (ي). Sedangkan untuk cara membaca alif lam ini adalah dibacakan secara jelas tanpa meleburkan bacaannya.
  2. Kemudian ada Alif lam syamsiah merupakan lam yang diikuti oleh 14 huruf hija’iah seperti: ta’ (ت), tha’ (ث), dal (د), dzal (ذ), ra’ (ر), zai (ز), sin (س), syin (ش), sod (ص), dhod (ض), tho (ط), zho (ظ), lam (ل) dan nun (ن). Sedangkan untuk cara membaca alif lam ini tidak dibacakan melainkan dileburkan kepada huruf setelahnya.

Hukum Mad

Perlu diketahui juga bahwa hukum ini memiliki arti melanjutkan atau melebihkan. Hal tersebut juga ditinjau dari sisi yang lain yang mengatakan mad bermakna memanjangkan suara dengan lanjutan menurut kedudukan salah satu dari huruf mad. Kemudian perlu kamu ketahui juga bahwa memiliki 2 bagian mad, yaitu mad asli dan mad far’i. Lalu terdapat 3 huruf mad yaitu alif, wau, dan ya’ dan huruf tersebut haruslah berbaris mati atau saktah.

Qalqalah 

Kemudian hukum bacaan yang lain yang bisa kamu temukan lagi dalam ilmu tajwid adalah qalqalah. Ya hukum ini memiliki bacaan pada setiap huruf qalqalah dengan bunyi seakan berdetik atau memantul. Perlu kamu ketahui juga bahwa huruf qalqalah ada lima yaitu qaf (ق), tha (ط), ba’ (ب), jim (ج), dan dal (د) dan masih terbagi menjadi 2 yaitu.

  • Qalqalah kecil

Cara belajar tajwid Qalqalah kecil merupakan salah satu dari pada huruf qalqalah itu berbaris mati dan baris matinya adalah asli karena memiliki harakat sukun dan bukan karena waqaf atau mati.

  • Qalqalah besar

Qalqalah besar yang bisa kita artikan jika ada salah satu dari pada huruf qalqalah itu dimatikan karena waqaf atau berhenti. Dalam keadaan ini, qalqalah dilakukan apabila bacaan diwaqafkan tetapi tidak di qalqalah -kan apabila bacaan diteruskan.

Hukum Idghom

Nah untuk mengetahui cara belajar tajwid Idgham merupakan campuran antara dua huruf atau memasukkan satu huruf ke dalam huruf yang lain. Maka dari itu, bacaan idgham harus dilafazkan dengan cara meleburkan suatu huruf kepada huruf setelahnya. Terdapat 3 jenis idgham:

  1. Jenis idghom yang pertama ini adalah Idgham mutamathilain atau yang yang memiliki arti yang serupa. Pertemuan antara dua huruf yang sama sifat dan makhrajnya (tempat keluarnya) dal bertemu dal dan sebagainya.
  2. Idgham mutaqaribai yang bisa memiliki arti hampir. Pertemuan dua huruf yang sifat dan makhrajnya hampir sama, seperti ba’ bertemu mim, qaf bertemu kaf dan tha’ bertemu dzal.
  3. Idgham mutajanisain yang memiliki arti sejenis. Pertemuan antara dua huruf yang sama makhrajnya tetapi tidak sama sifatnya seperti ta’ dan tha, lam dan ra’ serta dzal dan zha.

Perlu diketahui juga, bahwa belajar ilmu tajwid dasar tidak hanya disini, dipondok atau pun pesantren, melainkan bisa juga dengan menggunakan aplikasi belajar tajwid yang bisa kamu unduh di gooogle play store. Aplikasi ini telah berhasil dikembangkan oleh ecosolutionsystems  yang sudah mendapatkan share ratting sebanyak 4.5 sejak pertengahan tahun 2015. Dengan begitu kamu bisa mempelajari secara lengkap didalamnya. Apabila tertarik ingin mengunduhnya anda bisa klik disini

Untuk membantu dalam mempelajari ilmu tajwid, kami disini juga akan menyediakan tutorial cara belajar tajwid yang bisa anda lihat dibawah ini.

Setelah kamu mengerti bacaan diatas mengenai cara belajar tajwid maka kini waktunya kamu untuk memulai untuk mempelajarinya. Hal ini merupakan salah satu syarat untuk kamu mengaji dengan benar. Cara belajar ilmu tajwid diatas mungkin bisa menjadi salah satu akternatif bagi pemula untuk mempelajarinya. Masih banyak lagi beberapa tajwid yang mesti kamu ketahui yang tidak bisa kami sampaikan satu per satu. Yang paling penting dasar – dasar tajwid diatas setidaknya bisa membantu kamu.