Cara Cepat Belajar Berenang Bagi Pemula Lengkap Gaya

#belajardasar.com – Cara Berenang – Apakah kamu salah satu peminat olah raga didalam air? Ya, renang merupakan salah satu cabang olahraga yang memiliki cukup banyak melatih otot – otot kita untuk lebih kuat dan rilex lagi. Olahraga berenang ini memang banyak sekali yang menyukai nya karena sedikit memiliki resiko cidera otot dan tulang yang rendah dibandingkan olahraga lain karena air itu sendiri memberikan resistansi agar otot dan tulang tidak ditarik secara keras dan tiba-tiba. Otot perenang lebih elastis dan lentur karena gerakan renang bisa dilakukan dengan rileks dengan tarikan minimal. Sebagaimana yang kita tahu bahwa olah raga yang satu ini bisa membuat badan kita menjadi sehat, rileks dan juga tidak sedikit yang menyebutkan bahwa berenang juga bisa menambah tinggi badan kita. Untuk mahir berenang, kita harus tahu cara berenang yang mudah bagi pemula agar kita dapat mengatasi anggota tubuh kita sendiri agar tidak tenggelam dalam air.

Cara Berenang

Cara Berenang (www.swimming.tk)

Sebagian dari kita berusaha untuk bisa berenang karena mereka mungkin pekerjaan yang mereka lakukan berhubungan dengan air. Selain itu walaupun kita tidak bekerja dengan alat bantu air, tapi setidaknya berlatih renang semata – mata ingin membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Perlu kita ketahui juga bahwa berenang sebaiknya mulai dipelajari sejak usia dini. Koordinasi tangan, kaki, dan mulut untuk mengambil napas akan lebih mudah dilatih di usia dini dari pada di usia dewasa. Bahkan seorang bayi yang belum bisa berjalan pun bisa dilatih berenang karena tidak diperlukan keseimbangan tubuh seperti waktu berjalan. Nah, untuk kamu yang ingin tahu cara belajar berenang, maka cukup gampang untuk melakukanya, cukup mengikuti panduan cara  berenang bagi pemula yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Latihan Pernafasan.

Untuk tahap awal yang bisa dilakukan oleh para pemula untuk berenang adalah melatih nafas didalam air. Untuk melakukanya pun cukup mudah yaitu tarik nafas melalui mulut, tahan, kemudian masukkan kepala kedalam air buang nafas melalui hidung secara perlahan – lahan hingga membentuk gelembung – gelembung udara, lakukan secara santai dan pelan – pelan, ulangi hingga terbiasa dan santai. Perlu kamu ketahui juga pada saat menyelam jangan menahan nafas, buanglah nafas yang tertahan melalui hidung.

Tehnik Pernafasan

Tehnik Pernafasan (www.powerlung.com)

Latihan Mengapung

Kemudian untuk cara berenang mudah berikutnya adalah mengapung. Untuk latihan mengapung ini bisa kamu menggunakan kedua tangan berpegangan pada pinggiran kolam, kedua kaki didorong keatas hingga posisi seperti berdiri dipermukaan air, tarik nafas kemudian tenggelamkan bagian wajah saja tahan nafas dan buang perlahan – lahan melalui hidung, lakukan berulang – ulang hingga terbiasa,  jika kedua kaki tenggelam naikan bokong keatas.

Tehnik Mengapung

Tehnik Mengapung (www.enjoy-swimming.com)

Latihan Meluncur di Atas Permukaan Air

Tahapan berikutnya ketika kamu ingin berlatih renang adalah dengan berlatih mekuncur terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan cukup mudah untuk kamu yang pemula. Caranya, setelah bisa mengapungkan badan di atas permukaan air, duduklah dipinggir kolam kedua telapak kaki menempel didinding kolam, pada hitungan ketiga dorong badan kedepan dengan kedua tangan kedepan, gerakan kaki seperti sedang berjalan dipermukaan air.

Berenang Gaya Dada

Mungkin menurut kami berenang dengan menggunakan gaya Dada adalah gaya yang paling mudah untuk para pemula pelajari. Namun setiap gaya sebenarnya juga mudah dipelajari yang penting jangan pernah ada rasa takut saat di dalam air.

1. Untuk step awal adalah kamu duduk dipinggiran kolam, kaki menempel di dinding kolam, tarik nafas kemudian dorong kaki kedepan.

2. Selanjutnya yang mesti kamu perhatikan saat belajar cara renang gaya dada adalah mengenai gerakan kaki itu sendiri, ada 3 cara untuk melakukanya.
a. Pertama kaki kamu mesti ditekuk (lutut dibengkokkan/ditekuk)
b. Setelah itu kamu bisa luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan)
c. Terakhir masih dalam keadaan kaki kamu lurus, kemudian kaki dirapatkan hingga telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan .

3. Setelah kmau berlatih gerakan kaki maka kini kamu bisa melatih gerakan tangan yang menjadi sumber tenaga yang tidak kalah penting saat renang. Ada tiga cara posisi tangan saat renang gaya dada.
a. Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu & menempel) masing – masing tangan menempel disisi masing – masing telinga.
b. Kemudian untuk cara yang ke-2 adalah tarik tangan ke samping kanan dan kiri, tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah)
c. Untuk yang terakhir dari bawah perut tangan menyatu lalu luruskan tangan kembali.
Ulangi hingga terbiasa dan mahir.

4. Setelah kamu paham dengan keduanya maka kini waktunya kamu untuk menggabungkan gerakan tangan dan kaki. Untuk melakukanya cukup mudah yaitu gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian. Kemudian dalam pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, kemudian kepala naik ke atas sambil mengambil nafas

Bagaimana cukup mudah bukan untuk berlatih renang? Ya, cara berenang gaya dada diatas bisa kamu praktekan sendiri dengan mengikuti beberapa langkah berenang bagi pemula tersebut. Perlu kamu ketahui juga pada saat berenang usahakan kaki dan tangan jangan bersamaan membukanya tetapi harus bergantian, agar gerakan tangan jangan terlalu lebar, melainkan agak ke bawah Hal ini akan memberikan dorongan yang lebih kuat sekaligus memudahkan pengambilan nafas. Mungkin itulah beberapa cara belajar berenang bagi pemula, semoga bisa membantu kamu dalam belajar berenang.