Cara Cepat Belajar Mengaji Al-qur’an Sesuai Makhraj

#belajardasar.com – Cara Belajar Mengaji – Sudah sepantasnya untuk orang muslim menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Sebagai orang islam, pastinya kita sudah ditanamkan mengenai berbagaii macam ajaran agama Islam. Beberapa diantaranya diajarkan sholat, mengaji dan pengenalan agama islam yang lainya. Selain itu dengan membaca Al-Qur’an kita akan berlatih memahami apa yang sebenarnya harus kita jalankan atau tidak kita perbuat. Perlu kamu ketahui bahwa orang islam memiliki panduan al-qur’an yang dijadikan pedoman bagi umat islam. Al Qur’an sebaiknya di ajarkan mulai anak anak sehingga jika telah dewasa akan lebih memahami isi serta makna dari setiap ayat ayat yang di bacanya pada al-qur’an. Al Qur’an merupakan kitab yang bertuliskan huruf arab dan bagi orang yang baru mengenal al-qur’an atau mualaf tentu membaca Al Qur’an sangatlah sulit. Namun akan sangat baik apabila anda tidak hanya dapat membaca, namun juga membaca artinya.

Cara Belajar Mengaji

Cara Belajar Mengaji (arif.damai.id)

Untuk saat ini sudah semakin banyak juga orang yang menjadi seorang mualaf yang mungkin baru menyadari bahwa beragama islam itu merupakan salah satu agama tidak bisa diragukan lagi kedahsyatanya. Namun perlu berlatih untuk orang yang sedang berpindah menjadi orang mualaf. Salah satunya adalah cara belajar membaca al-qur’an. Dalam konteks ini, cara belajar mengaji cepat yang dimaksud bukan mengaji dengan kecepatan tinggi. Namun belajar bagaimana lebih cepat kita mengenal Al-Quran yang merupakan wahyu dari Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw sebagai petunjuk bagi umat muslim agar tak tersesat di global dan selamat sampai akhirat. Kami pun mungkin walaupun sudah menganut ajaran islam kadang – kadang masih belum fasih secara benar dalam melantunkan ayat – ayat suci al-quran. Langsung saja untuk kita ketahui cara mengaji al-qur’an benar dan cepat, dibawah ini.

Menanamkan Kebiasaan Membaca Al-quran

Perlu kita ketahui para orang tua bahwa agar bisa menumbuhkan hobi membaca Alquran pada diri anak, maka perlu dukungan di lingkungan keluarga. Orangtua harus mulai membiasakan membaca Alquran dengan baik dan benar (tartil) di depan anak-anak, termasuk anggota keluarga lainnya, semisal kakak. Hal ini bisa memengaruhi orang lain di dalam keluarga sehingga tertarik untuk bisa melantunkan Alquran dengan tartil.

Belajar Mengenal Huruf Hija’iyah

Dengan mengenal huruf hija’iah terdiri dari 28 huruf yang harus anda hafalkan. Pada saat belajar membaca Al Qur’an tentu saja anda harus mengetahui huruf hija’iah terlebih dahulu. Sama halnya dengan belajar membaca bahasa Indonesia atau ejaan bahasa Inggris, anda harus menghafalkan huruf A-Z. Begitupun dengan membaca Al Qur’an , anda harus menguasai 28 huruf tersebut, itu adalah cara belajar mengaji dasar dan modal utama agar anda dapat membaca Al Qur’an.

Pahami Tanda Baca

Nah pada sebelumnya kamu mempelajari dan hafal dengan ke 28 huruf  hija’iyah kamu juga harus mengetahui dan memahami tanda baca Al Qur’an. Tanda baca Al Qur’an adalah kasra, dhomah dan fatkhah sama halnya dengan anda membaca huruf fokal dalam bahasa Indonesia. Setelah dapat membaca tanda baca tersebut maka mulailah cara belajar mengaji dengan huruf bersambung, mulai dari 2 huruf di sambung dan selanjutnya.

Niat Bisa mengaji

Ini yang paling penting dan tidak boleh ketinggalan yaitu dengan niat. Tanpa adanya niat, mustahil sesuatu bisa terlaksana dan tercapai dengan hasil maksimal. Seorang muslim bisa memotivasi dirinya dengan membayangkan bagaimana dia akan lebih mengenal Allah ketika bisa mengaji dengan baik. Selain itu, dengan mengaji dan mendalami artinya, seorang muslim juga akan merasa memiliki pegangan buat menjalani hidup.

Konsentrasi Dalam Belajar Mengaji

Kemudian untuk cara belajar mengaji adalah dengan konsentrasi yang tinggi. Agar kamu bisa mencapai hasil maksimal setelah belajar mengaji, seorang muslim harus berkonsentrasi pada apa nan dilakukannya. Ketika sedang belajar, hendaknya semua hal nan tak berhubungan dengan mengaji disingkirkan terlebih dahulu termasuk masalah keduniaan sebab bisa mengganggu konsentrasi. Seringkali seseorang nan belajar mengaji sulit merasa lancar sebab dalam proses belajarnya terganggu maka perlu dilakukan konsentrasi.

Konsisten Mengaji

Dengan konsisten dalam belajar mengaji al – qur’an maka secara waktu berjalan kamu akan bisa lancar mengaji. Sikap konsisten perlu diterapkan agar seorang muslim bisa dengan cepat dan lancar mengaji. Belajar mengaji tak sama dengan belajar naik sepeda, tak dapat ngebut dan tak dapat instan, sekali berlatih kemudian bisa.

Praktekan Setiap Hari

Jika kamu pada saat kamu belajar dan sudah bisa membaca Al Qur’an, kamu akan mudah lupa dan gugup saat membacanya. Oleh karena itu kamu mesti harus membacanya berulang ulang dalam setiap hari. Tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk membaca Al Qur’an setiap harinya, namun bacalah minimal 10 – 15  menit dalam setiap harinya.

Untuk mengetahui tata cara mengaji Iqro’, kami disini akan memberikan referensi untuk kamu yang ingin belajar membaca bacaan Al-Qur’an. Berikut adalah tutorialnya.

Dengan keuletan dan kesabaran yang telah kamu gunakan, maka secara tidak langsung kamu pun akan bisa membaca al – qur’an. Apalagi untuk anda yang saat ini sedang belajar untuk menjadi orang mualaf maka anda tetap semangat untuk mempelajarinya. Apalagi saat ini sudah ada aplikasi Iqro’ yang bisa diunduh disini, bagi kamu yang menggunakan hp Android. Dengan hidayah yang datang tentang tata cara belajar mengaji maka kini harus bangga untuk menjadi orang islam.