Cara Belajar Mengendarai / Menyetir Mobil Bagi Pemula

#belajardasar.com – Cara Mengendarai Mobil – Melihat dari pertanyaan dari teman kami yang menayakan bagaimana sih cara belajar mobil itu? disini mencoba untuk memberikan ulasanyayang sangat mudah sekali dipahami. Kami disini hanya memberikan panduan dan tutorial saja, alangkah baiknya lagi jika kamu juga didampingi oleh yang lebih ahlinya langsung dan dibantu dengan mencari-cari informasi melalui browser seperti saat ini yang kalian lakukan. Mengemudi mobil sekarang ini memang sangat diperlukan bagi kalangan anak muda, bapak atau ibu. Terutama bagi yang memiliki kesibukan dan harus menggunakan mobil sebagai alat transportasi. Namun juga bagi kamu yang baru saja membeli mobil atau hendak bekerja menjadi sopir.

Cara Belajar Mobil

Cara Belajar Mobil (learnenglishteens.britishcouncil.org)

Sebenarnya dalam belajar mengemudi mobil itu tidak terlalu sulit untuk dilakukan hanya saja kamu dituntut untuk memiliki keberanian dan keinginan untuk menyetir mobil. Nah, Segala sesuatu pasti akan dengan mudah dilakukan jika didasari oleh niat yang besar, Terutama cara belajar mengemudi mobil. Memang kebanyakan yang lihai dalam menyetir mobil adalah kaum adam, namun tidak menuntut kemungkinan bahwa wanita/ibu-ibu juga bisa dalam mengendarainya sendiri. Dalam belajar mengemudi ini sebenernya sangat gambang, karena lebih santai dan tenang dibandingkan dalam belajar sepeda motor. Kamu harus mencoba untuk mempersiapkan mental serta niat yang kuat untuk bisa. Nah makanya belajardasar.com mencoba membagikan tips trik dan panduan ringan cara belajar mobil  dengan baik dan benar bagi pemula.

Cara Belajar Mengemudi Bagi Pemula

1. Mengenal Fitur-Fitur Pada Mobil

Nah langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mengenali terlebih fitur-fitur didalam mobil milik kamu. Karena tugas seorang sopir nantinya seperti Stir, Memutar Kunci Kontak untuk starter, Pedal Gas, Pedal Rem, Pedal kopling, Tuas transmisi, Rem Tangan, lampu sein, dan lain sebagainya harus kalian ketahui cara pengoperasianya dan kegunananya terlebih dahulu. Jika kamurasa sudah mulai memahaminya bisa langsung menuju tahap selanjutnya.

2. Biasakan Lancar dalam Memindah Gigi/Perseneleng

Hal terpenting yang terpenting dalam mengendarai mobil ini adalah memahami dan menguasai cara memindahkan gigi atau perseneleng sembari menginjak kopling secara bersamaan. Usahakan ketika kita hendak memindahkan perseneleng kita sudah tidak memikirkan atau melihat prosesnya, biarkan terjadi begitu saja seperti refleks. Jadi sebaikanya latihan dulu memindah gigi dengan cara menginjak kopling pada saat mobil kendaran berhenti. Hal seperti ini sangat penting, karena biasanya masih pemula akan melihat prosesnya, dengan demikian sangat berbahaya sekali karena mengganggu konsentrasi dalam menyetir. Apalagi bagi anda yang masih belum tahu cara belajar menyetir mobil

3. Lepaskan Alas Kaki

Hal terpenting yang selanjutnya adalah dengan melepaskan alas kaki, sehingga dengan demikian akan lebih mudah dalam mengenali mana itu gas, mana itu rem dan dan kopling. Tips nya adalah seperti yang sudah kami utarakan tadi yakni dengan melepaskan sandal maupun sepatu yang kita pakai. Sehingga kita bisa merasakan langsung dan menginjak ketiga fungsi pokok tadi dengan benar. Cara tersebut sesering kali digunakan oleh mereka yang masih dalam tahap belajar mobil, bahkan beberapa dari mereka yang mahir pun masih melakukanya.

4. Jangan Lupakan Kaca Spion

Berbeda sekali dengan cara belajar sepeda motor, melihat kaca spion baik kanan/kiri maupun tengah sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan untuk melihat kendaraan disekitar kita, terutama yang berada dibelakang kita. Sehingga kita dapat mempossikan diri dan menguasai kendaraan dengan aman.

5. Kendalikan Stir Dengan Kedua Tangan

Bagi yang sudah mahir sekalipun, menngemudi mobil dengan satu tangan kecuali saat memindahkan gigi perseneleng sangatlah berbahaya. Apalagi jika belum power stearing. Itulah salah satu alasan mengapa kita dilarang untuk menyetir dengan mengaktifkan telepon genggam saat keadaan lagi mengendarai mobil. Karena selain mengganggu konsentrasi juga kekuatan satu tangan juga lemah ketika kita akan membanting stir.

6. Gunakan Mobil Pick-Up

Tipe mobil rekomidet bagi para belajar mobil pemula adalah mobil pick up, alasanya adalah karena mobil jenis cold bak ini adalah mudahnya dalam melihat kebelakang mobil dibandingkan dengan minibus seperti avansa maupun xenia. Kita juga tidak akan mudah takut jika menabrak sesuatu, karena biayanya lebih murah untuk memperbaiki. Namun juga jangan jadi alasan biaya memerbaikinya murah membuat kamu kurang hati-hati dalam mengemudi nya.

7. Lupakan Cara Mengenderai dengan Sepeda Motor

Terkadang bagi yang masih belajar mengemudi mobil, masih merasakan bahwa yang dikendarainya adalah sepeda motor. Ketika kita mengendarai motor pastinya tidak akan menghabiskan banyak ruang atau space jalan, kita dapat menyalip kesana kemari dengan mudah walaupun jalan sangat sempit. Namun berbeda ketika kamu mengemudi mobil, yang harus mengalah dengan kendaraan yang lebih kecil seperti motor maupun yang lainya. Jangan sampai menyalip jika tidak memiliki space yang luas, agar tidak membahayakan orang lain.

8. Latihan Dulu di Lapangan

Buatlah trek sendiri dengan menancapkan bambu ditanah, dengan begitu akan lebih mudah dalam mengetahui kesalahan dan bisa sesegera mungkin mengkoreksinya. Jika bambu kecil yang sudah kita tancapkan tadi rubuh berarti tandanya kita masih belum bisa menguasai keadaan jalan. Setelah belajar berulang-ulang dan sudah hampir lancar, buatlah menjadi sesempit mungkin apakah kamu bisa mengendalikan mobil termasuk juga membuat tikungan, tentunya juga tidaklah tajam terlebih dulu. Kalau sudah lancar maka silahkan untuk mempersempit tikungan dan dibuat yang agak tajam.

9. Sedikit Perbesar Gas Ketika dalam Tanjakan

Jangan takut bagi yang masih pemula karena menggeber gas (gas tinggi) ketika berada dijalan yang menanjak setelah agak sedikit melambat dan berhenti. Tentunya disitu kita harus melepaskan kopling secara perlahan-lahan agar tidak terjadi hentakan keras yang dapat mengakibatkan mesin menjadi mati. Selain itu, berikut adalah cara mengemudi mobil yang bisa dilihat berikut ini.

Sebatas itulah tadi pengetahuan yang dapat belajardasar.com informasikan pada kesempatan kali ini. Usahakan jangan pernah berhenti dalam belajar dan berilah jadwal yang rutin sehingga kamu benar-benar sudah menguasainya. Mungkin cukup sekian dulu tips cara belajar mobil atau mengendarai mobil secara cepat bagi pemula.