Cara Mudah Belajar Investasi Bisnis Emas Bagi Pemula

#belajardasar.com – Cara Belajar Investasi – Kini  cenderung masih belum banyak masyarakat Indonesia yang melakukan aktivitas berinvestasi. Ini bisa saja dikarenakan kurangnya edukasi yang diberikan mengenai investasi. Padahal dibandingkan dengan menabung ataupun mempunyai deposito, berinvestasi jauh lebih menguntungkan. Sayangnya kebanyakan orang sudah terlebih dahulu mengurungkan diri karena berpikir bahwa investasi mempunyai resiko yang besar. Dengan kita mampu berinvestasi, setidaknya ada beberapa celah untuk kita memulai mendirikan usaha atau hanya dijadikan tabungan diamsa tua kita kelak. Melakukan investasi sejak dini adalah hal yang sangat baik demi masa depan anda. Perlu anda ketahui juga bahwa berinvestasi pada berbagai bidang baik pasar modal, pasar uang, properti, anda juga bisa mendapatkan uang dengan menginvestasikan waktu, tenaga dan uang Anda di usaha real dan bisnis online. Jadi cara belajar investasi bagi pemula ini memang perlu diterapkan dari sekarang.

Cara Belajar Investasi Emas

Investasi Emas ( c2w.com)

Biasanya setelah mendengar kata investasi pastinya larinya kepada seorang pembisnis. Memang tidak salah, namun perlu kami perkuat bahwa investasi ini tidak hanya dijadikan lahan bisnis saja namun bisa juga untuk mempelajari bagaimana keadaan ekonomi yang sekarang terjadi di negara kita. Banyak orang pembisnis yang tidak jarang mereka gagal melakukan investasi karena mungkin mereka tertipu atau masih awam mengenai cara belajar investasi bagi pemula. Namun tidak jarang juga para mahasiswa atau para wirausahawan yang sedikit – sedikit mulai menunjukan akan kecintaanya pada dunia investasi. Kemudian anda juga perlu terlebih dahulu untuk mengenal profil investasi Anda. Apakah kamu mahir dengan investasi reksa dana, emas ataupun saham. Hal ini merupakan syarat utama dalam menentukan jenis investasi yang menguntungkan dan sesuai untuk Anda. Profil investasi sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor usia, karir, keuangan keluarga, besarnya jumlah investasi dan toleransi terhadap resiko.

Jika kita artikan menurut ekonomi, investasi itu merupakan pembelian barang dan produksi yang bukan bertujuan untuk konsumsi namun digunakan untuk produksi dimasa yang akan datang. Perlu anda ketahui juga saat anda mulai tertarik berinvestasi ibarat dua sisi mata uang, ada “return” dan juga ada “risk”. Adanya keuntungan dan resiko yang tinggi pula menjadi salah satu syarat utama sebelum kamu benar – benar ingin berinvestasi. Namun dengan cara belajar investasi, anda dapat memahami jenis-jenis resiko dan melakukan pengelolaan resiko, Anda juga dapat mengoptimalkan keuntungan investasi sambil menekan resiko serendah-rendahnya. Untuk saat ini jenis invetasi tidak hanya saham saja namun juga bisa meggunakan emas. Melalui panduan cara belajar investasi emas ini merupakan salah satu cara mudah dalam melakukan investasi bagi pemula maupun kalangan pembisnis, berikut langsung saja caranya.

Cara Investasi Emas

  1. Ketika benar-benar ingin berinvestasi emas adalah tentukan tujuan melakukan berinvestasi emas dan sampai kapan investasi itu akan tetap dijalankan.
  2. Jika anda seorang pemula investasi maka kami sarankan lebih baik berinvestasi menggunakan emas batangan dibanding perhiasan.  Sebab harga emas batangan cenderung lebih stabil dan tidak ada potongan yang besar ketika dijual kembali.
  3. Dengan berinvestasi emas batangan, sebaiknya di lakukan sendiri tanpa perlu melibatkan pihak ketiga, seperti ikut MLM emas batangan atau melalui orang – orang yang tidak memiliki jaminan keamanan yang standart.
  4. Melakukan investasi emas akan menguntungkan jika  dalam jangka panjang, maka waktu minimal Anda menjual emas kembali adalah sesudah satu tahun kemudian setelah pembelian.
  5. Saat melakuka pemelian emas batangan dalam jumlah besar, seperti 100 gram lebih menguntungkan dibandingkan membeli yang 25 gram. Hal tersebut sangat dipengaruhi dari prospek harga yang telah diberikan.
  6. Trik saat melakukan investasi adalah segera membeli emas ketika harganya turun dan lakukan penjualan ketika harga emas turun. Namun sebaiknya amati dahulu pergerakan naik turunnya emas dalam jangka waktu lebih lama. Jangan sampai menyesal hanya karena anda tergesa – gesa dalam melakukan investasi.
  7. Jika memerlukan uang untuk keperluan mendadak, jangan jual emas tapi usahakan menggadaikannya dahulu. Jika hal tersebut terjadi, maka tidak akan memiliki prospek belajar investasi dalam jangka kedepan.
  8. Dengan melakukan perhitungan keuntungan investasi emas, tinggal menghitung berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membeli emas. Lalu bisa bandingkan dengan uang yang diterima jika menjualnya sekarang. Selisihnya adalah keuntungan atau kerugian. Cukup berpatokan pada uang cash yang dikeluarkan dan didapat mengenai laba dan rugi.
  9. Jangan cepat puas jika dengan hasil yang diperoleh, terus kembangkan prospek yang dimiliki.

Jika kita mampu berfikir lebih jauh lagi, kita tidak tahu pasar global ekonomi di Indonesia ini akan seperti apa dalam waktu 10 tahun kedepan. Hal ini yang mesti kita pikirkan sejak dini. Pengaruh ekonomi terjadi saat kita mampu berfikir bagaimana kita bisa mensejahterakan diri kita dengan melakukan beberapa investasi didalamnya termasuk investasi emas. Ketika seseorang merasa memiliki dana lebih, mereka akan berpikir bagaimana memanfaatkan dana lebih tersebut. Ada juga yang berpikir bagaimana memperbanyak atau meningkatkan nilai dari dana tersebut. Pemikiran semacam ini yang menjadi salah satu minat untuk mengetahui cara belajar investasi emas bagi pemula seperti yang kami terangkan diatas.